ANALISIS HIDROLOGI DAN HIDROLIKA PADA SALURAN DRAINASE AMBARUKMO PLAZA MENGGUNAKAN PROGRAM HEC-RAS

  • novita somi ITNY
  • Sujendro Sujendro
  • Andrea Sumarah Asih

Abstract

Ambarukmo Plaza yang berlokasi pada kawasan Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta sering terjadi banjir sebelum dibangunnya saluran drainase, bahkan setelah dilakukan pembangunan saluran drainase di lokasi tersebut masih mengalami banjir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kala ulang berapa tahun debit banjir rencana saluran akan terlampaui dan untuk mengetahui kapasitas saluran drainase.

Analisis hidrologi menggunakan data hujan harian yang diperoleh dari BBWSSO Yogyakarta dengan lama pencatatan 10 tahun yaitu 2007 sampai 2017. Data DED dan master plan drainase diperoleh dari DPU Cipta Karya. Data hujan diolah menggunakan metode analisis frekuensi sehingga diperoleh hujan rencana dengan kala ulang 2 tahun, 5 tahun dan 10 tahun. Nilai intensitas hujan dianalisis menggunakan metode Mononobe dengan waktu konsentrasi dihubungkan ke dalam kurva Intensitas Durasi Frekuensi (IDF). Kemudian debit banjir rencana dihitung menggunakan rumus rasional. Analisis hidrolika menggunakan program HEC-RAS dengan menginputkan arah aliran, dimensi dan debit. Output model berupa gambar penampang melintang, penampang memanjang dan tinggi muka air. Analisis kapasitas dilakukan dengan membandingan antara debit kapasitas saluran eksisting dengan debit rencana pada kala ulang 10 tahun.

Berdasarkan hasil analisis ini dapat disimpulkan besarnya debit pada kala ulang 2 tahun 1.152 m³/s, kala ulang 5 tahun 1.479 m³/s, dan kala ulang 10 tahun 2.14 m³/s. Kapasitas di saluran terpasang masih dapat menampung debit rencana dengan kala ulang 10 tahun sebesar 2.284 m³/s.

Kata kunci : Debit banjir, kapasitas saluran, HEC-RAS, metode Rasional, drainase perkotaan

Published
2020-07-19
Section
Articles