ANALISA PERBANDINGAN BIAYA STRUKTUR RUMAH KONVENSIONAL DENGAN RISHA DI KABUPATEN MAGELANG

  • Arif Fajar M. Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Triwuryanto
  • Sely Novita Sari

Abstract

Abstrak

            Rumah merupakan kebutuhan dasar masyarakat, namun pemenuhan kebutuhan tersebut belum sepenuhnya dapat dilakukan oleh masyarakat. Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) adalah teknologi konstruksi baru yang dipatenkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Departemen Pekerjaan Umum. RISHA merupakan teknologi yang bersifat bongkar pasang dan telah diuji terhadap ketahanan gempa. Penelitian ini membahas perbandingan biaya dari pembangunan struktur RISHA dan struktur rumah Konvensional.  

            Pada penelitian ini bangunan yang akan dianalisa adalah bangunan rumah type-36, objek penelitian adalah gedung pengelola pada proyek Tempat Evakuasi Akhir (TEA) Kelurahan Mangunsari Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan adalah pengamatan langsung dilapangan, wawancara dengan aplikator dan pekerja RISHA. 

            Berdasarkan analisa yang dilakukan didapat perbandingan biaya yang dibutuhkan untuk membangun stuktur bangunan RISHA adalah sebesar Rp 27.448.000 dan untuk Rumah Konvensional type-36 adalah Rp 30.425.000  Dari hasil perbandingan analisa biaya kedua bangunan tersebut didapat selisih biaya sebesar Rp 2.977.000. Dapat disimpulkan bahwa biaya untuk membangun struktur rumah konvensional lebih besar daripada biaya untuk membangun stuktur Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA).

Kata Kunci : RISHA, Konvensional, Biaya

Published
2021-02-08