EVALUASI PROTEKSI KEBAKARAN GEDUNG STUDENT CENTER AND PARK PROF. DR. IR. KPH. PK. HARYASUDIRJA KAMPUS ITNY

  • inqi kamal nashrulloh institut teknologi nasional yogyakarta
  • triwuryanto
  • rizal maulana

Abstract

Kebakaran merupakan suatu permasalahan yang tidak bisa lepas dari manusia. Kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran tidak hanya berupa kerusakan bangunan saja, melainkan kerugian yang menyangkut jiwa manusia. Pencegahan kebakaran pada bangunan gedung adalah mencegah terjadinya kebakaran pada bangunan gedung atau ruang kerja dan ruang belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai tingkat keandalan dan penerapan sistem utilitas dan pencegahan kebakaran pada gedung.

Data yang digunakan sistem utilitas dan sistem pencegahan kebakaran pada bangunan gedung dapat diketahui dan dilakukan dengan beberapa metode diantaranya analisis mean dan Standar deviasi, metode analisis pengamatan langsung dan penilaian sistem utilitas dan pencegahan kebakaran pada gedung berdasarkan Peraturan Menteri PU No. 26/PRT/M/2008.

Hasil penelitian ini mendapatkan nilai keandalan sistem utilitas pada bangunan gedung Student Center and Park Prof. Dr. Ir. KPH. PK. Haryasudirja ITNY diperoleh nilai tertinggi dengan nilai mean 2,900 dan nilai keandalan sistem pencegahan kebakaran pada bangunan Gedung Student Center and Park Prof. Dr. Ir. KPH. PK. Haryasudirja ITNY didapat nilai tertinggi dengan nilai mean 2,967.

 

Kata-kata kunci: Utilitas, bangunan gedung, pencegahan kebakaran, metode analisis lapangan

Published
2021-02-08