ANALISIS TINGKAT KELAYAKAN LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE KHUSUSNYA GO-RIDE DI KOTAMADYA YOGYAKARTA

  • Hendrikus Langging ITNY
  • Ani Tjitra Handayani ITNY
  • Veronica Diana Anis Anggorowati ITNY

Abstract

Layanan transportasi online yaitu Go-Jek mulai beroperasi di Yogyakarta dengan menawarkan jasa layanan transportasi yang bersifat aman, nyaman, cepat, praktis, dan murah. Dalam menjalankan usaha ini, PT. Go-Jek Indonesia menjalin kerja sama kemitraan dengan para pengemudi motor dan mobil di kota-kota besar Indonesia. Oleh karena layanan transportasi berbasis aplikasi saat ini mulai diminati masyarakat luas, maka diperlukan adanya studi lebih lanjut mengenai tingkat kelayakan layanan transportasi berbasis aplikasi, khususnya layanan Go-Jek, sebagai moda transportasi di Kotamadya Yogyakarta. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui tingkat minat masyarakat Yogyakarta terhadap Go-Ride dan tingkat kelayakan layanan Go-Ride sebagai moda transportasi.

Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS (statistical product and service solution) versi 24 windows. Data yang digunakan untuk penelitian ini meliputi data primer (kuisioner) dan sekunder sebagai acuan peneliti terhadap jenis layanan Go-Ride (trasportasi motor).

Untuk hasil yang didapat, pada tingkat minat masyarakat  terhadap transportasi online Go-Ride menunjukan bahwa profil konsumen berdasarkan usia yang paling berminat yaitu usia 13-20 thn dengan persentase 45%, berdasarkan pekerjaan yang paling berminat yaitu mahasiswa dan wiraswasta dengan persentase 37,5%, berdasarkan jenis kelamin yang paling berminat yaitu laki laki dengan persentase 60%, berdasarkan Pendidikan terakhir yang paling berminat  yaitu Pendidikan SMA dengan persentase 75%, berdasarkan alasan menggunakan layanan Go-Ride yang paling berminat yaitu alasan Kemudahan dalam pemesanan dengan persentase 32%, dan yang terakhir berdasarkan waktu penggunaan yang paling berminat yaitu waktu sore hari dengan persentase 35%. Dan untuk tingkat kelayakan Go-Ride sebagai moda transportasi di Kotamadya Yogyakarta sendiri dikatakan layak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji validitas, uji reliabilitas, dan mean yang semua item mendapat hasil di atas 0,3120% yang secara keseluruhan melampaui standar yang telah ditetapkan.

 

Kata Kunci: Tingkat Kelayakan layanan Trasportasi Online, Go-Ride Kotamadya Yogyakarta

 

Published
2021-02-09