EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA PESAWAT DI BANDAR UDARA POGOGUL BUOL, SULAWESI TENGAH

  • Rezza Rezki Agustiana ITNY
  • Ircham
  • Herna Puji Astutik

Abstract

Bandar udara berperan sebagai pendorong dan penunjang kegiatan industri, perdagangan dan/atau pariwisata dalam menggerakkan dinamika pembangunan nasional, serta keterpaduan dengan sektor pembangunan lainnya. Pentingnya sektor jasa transportasi ini perlu ditunjang dengan kualitas pelayanan yang cukup baik bagi pengguna jasa. Oleh karena itu penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa pesawat apakah sudah sesuai dengan harapan Dinas Perhubungan Kabupaten Buol jika dilihat dari segi kepuasan masyarakat atau pengguna jasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif merupakan metode analisis dengan cara menganalisis data yang sudah dikumpulkan, dikelompokan, dianalisis, dan diinterprestasikan sehingga diperoleh gambaran yang jelas mengenai bagaimana kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan yang diterima. Berdasarkan hasil analisis data kuesioner dengan menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis), diperoleh hasil bahwa nilai indeks interval penilaian pada tingkat kepuasan pengguna jasa adalah sebesar 57,432% yang menunjukkan bahwa responden “CUKUP PUAS” dengan pelayanan yang diberikan Dinas Perhubungan Kabupaten Buol di Bandar Udara Pogogul Buol.

Published
2022-01-14
Section
Articles