STUDI POTENSI PENGGUNA JALAN TOL SOLO - YOGYAKARTA - YIA KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Rencana pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta – YIA Kulon Progo merupakan program yang tergabung dalam Proyek Strategis Nasional dan mendukung program pemerintah dalam pemerataan infrastruktur. Untuk perencanaan Jalan Tol Solo – Yogyakarta – YIA Kulon Progo, maka perlu mengetahui karakteristik pengguna yang akan menggunakan jalan tol, memprediksi terhadap persentase potensi pengguna kendaraan yang akan beralih dari jalan lama ke jalan tol.
Dalam penelitian ini dilakukan survei wawancara langsung dengan menggunakan metode Road Side Interview. Analisis potensi pengguna ditinjau peralihan moda menggunakan metode Stated Preference. Atribut yang ditinjau adalah tarif tol dan nilai VCR pada jalan lama.
Adapun potensi untuk pengguna kendaraan golongan I pada tarif tol Rp 700,00/km dan nilai VCR 0.75 didapatkan persentase pengguna tol sebesar 57,8%. Potensi pengguna kendaraan golongan II pada tarif tol Rp 1.200,00/km dan nilai VCR 0.75 didapatkan persentase pengguna tol sebesar 74,5%. Potensi pengguna kendaraan golongan III pada tarif tol Rp 1.200,00/km dan nilai VCR 0.75 didapatkan persentase pengguna tol sebesar 86,8%. Potensi pengguna kendaraan golongan IV pada tarif tol Rp 1.600,00/km dan nilai VCR 0.75 didapatkan persentase pengguna tol sebesar 90,8%. Dan potensi pengguna kendaraan golongan V pada tarif tol Rp 1.600,00/km dan nilai VCR 0.75 didapatkan persentase pengguna tol sebesar 97,8%.
Kata kunci : Potensi Pengguna Tol, Stated Preference (SP), Road Side Interview (RSI), Volume Capacity Ratio (VCR), dan Tarif Tol.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)