STUDI PENGGUNA KERETA API BANDARA YOGYAKARTA INTERNASIONAL AIRPORT
Abstract
Abstrak
Pemilihan moda transportasi untuk melakukan suatu perjalanan merupakan hal yang penting dalam perencanaan transportasi angkutan umum. Perencanaan transportasi dilakukan untuk mengetahui tingkat efektifitas pergerakan manusia dan atau barang dalam menggunakan Kereta Api. Pelaku perjalanan dapat memilih beberapa moda transportasi. Pemilihan moda berhubungan dengan karakteristik perilaku perjalanan, karakteristik perjalanan dan karakteristik fasilitas/atribut moda transportasi. Oleh karena itu pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna dan mengetahui berapa perpindahan moda angkutan lain ke angkutan Kereta Api Bandara Yogyakarta Internasional Airport.
Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan survei berupa penyebaran kuisioner. Kuisioner yang diberikan terdiri dari beberapa pertanyaan yaitu karakteristik umum, karakteristik perjalanan, karakteristik transportasi dan pertanyaan untuk pemilihan moda dengan teknik stated preference. Hasil survei diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) untuk memperoleh fungsi utilitas dalam perpindahan pengguna dari Satelqu ke Kereta Api Bandara. Atribut yang dianalisa adalah biaya perjalanan (DX1) dan selisih waktu tempuh (DX2).
Berdasarkan hasil analisis stated preference menggunakan aplikasi SPSS diketahui bahwa jumlah probabilitas dan perpindahan pengguna Satelqu ke Kereta Api Bandara sebesar 73% atau 73 orang jika biaya perjalanan Rp. 20.000 dengan selisih waktu tempuh -15 menit.
Kata Kunci : Pemilihan Moda , Stated Preference, Pengguna Kereta Api Bandara
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)