EVALUASI LAHAN PARKIR STADION: STUDI KASUS STADION MANAHAN SOLO

  • Al Yefa Taruna Adiyuda Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Ircham Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Veronica Diana Anis Anggorowati Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

Abstrak

Stadion Manahan merupakan Stadion yang berada di Kota Solo, Jawa Tengah. Stadion Manahan dibangun pada tahun 1989 terletak di kompleks Stadion Gelora Manahan dengan luas 170.000 m2 dan luas bangunan stadion yaitu 33.300 m2. Letak Stadion Manahan yang strategis membuat lebih banyak pengunjung yang tidak hanya menonton pertandingan olahraga tapi juga berolahraga dengan fasilitas yang tersedia di Stadion Manahan Solo.

Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengambilan data menggunakan survei masuk dan keluar kendaraan dengan waktu yang sudah ditentukan dari buka sampai dengan tutup, hasil dari penelitian ini akan mendapatkan berapa kebutuhan lahan parkir dan prediksi parkir mendatang.

Hasil analisis yang didapat adalah total masuk kendaraan roda dua tertinggi pada hari minggu yaitu 777 kendaraan, jadi lahan yang terpakai sesuai ketentuan SRP yaitu 777x1,5 =1165,5 m2 dari total lahan parkir 4500 m2, jadi lahan parkir masih mencukupi dan pada lahan parkir kendaraan roda empat tertinggi pada hari minggu yaitu 180 kendaraan, jadi lahan yang terpakai sesuai ketentuan SRP yaitu 180x20 =3600 m2 dari total lahan parkir 8000 m2, jadi lahan parkir masih mencukupi..

 

Kata kunci : Sadion Manahan, Parkir Diluar Badan Jalan, Pedoman Fasilitas Parkir

Published
2022-02-25