EVALUASI KELAYAKAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA DI BANDAR UDARA FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU

  • Nur Hawita ITNY
  • Ani Tjitra Handayani
  • Veronica Diana Anis Anggorowati

Abstract

Bandar Udara berperan sebagai pintu gerbang kegiatan perekonomian dalam upaya pemerataan pembangunan, pertumbuhan dan stabilitas ekonomi, serta sebagai pendorong dan penunjang kegiatan industri, perdagangan, dan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa transportasi udara terhadap ketersediaan fasilitas ruang tunggu, fasilitas konter chek-in, mengetahui tingkat kepuasan pelayanan, dan fasilitas penunjang yang perlu ditingkatkan ataupun dibuat agar dapat memaksimalkan kenyamanan pengguna jasa transportasi Bandara Fatmawati Bengkulu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna jasa transportasi udara terhadap ketersediaan ruang tunggu Bandara Fatmawati Bengkulu, dikategorikan Puas karna nilai rata-rata hasil perhitungannya yaitu 4,06. Dimana nilai tersebut masuk dalam kategori puas jika berkisar antara 3,41-4,80. Tingkat kepuasan pengguna jasa transportasi udara terhadap fasilitas konter chek-in Bandara Fatmawati Bengkulu, dikategorikan Puas karena nilai rata-rata hasil perhitungannya adalah 3,82. Tingkat kepuasan pelayanan yang diberikan terhadap pengguna jasa di Bandara Fatmawati, dikategorikan Puas, Karena nilai rata-rata hasil perhitungannya adalah 3,87.Tingkat kepuasan terhadap fasilitas penunjang yang perlu ditingkatkan ataupun dibuat agar dapat memaksimalkan kenyamanan pengguna jasa transportasi Bandara Fatmawati, dikategorikan Puas, karena nilai rata-rata hasil perhitungannya adalah 3,94.

 

Published
2022-08-11
Section
Articles