ANALISIS U-TURN TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS JALAN LAKSDA ADI SUJIPTO AMBARUKMO)
Abstract
ABSTRAK
U-turn adalah fasilitas berupa bukaan median yang dapat digunakan oleh kendaraan untuk melakukan putar balik arah. Namun dengan adanya u-turn, kecepatan kendaraan dari arah yang sama maupun yang berlawanan akan melambat bahkan berhenti sehingga mengakibatkan perubahan arus lalu lintas. Berubahnya kecepatan kendaraan dikarenakan adanya kendaraan lain yang akan melakukan gerak putar balik arah mengurangi kecepatannya sehingga kendaraan yang berada tepat di belakang juga mengurangi kecepatan. Penelitian dilakukan dengan interval waktu setiap 15 menit pada pukul 06:00 – 08:00 WIB, pukul 12:00 – 14:00 WIB dan pada pukul 16:00 – 18:00 WIB. Pada lokasi u-turn depan Hotel Yellow Star Ambarukmo, penelitian dilakukan selama 2 hari pada Hari yaitu, Sabtu, 16 Novembar, Minggu 17 November 2019, dengan hasil penelitian arus lalu lintas sebelum u-turn ke arah timur sebesar 4244 skr/jam dan ke arah barat sebesar 2831,6 skr/jam. Pada penelitian lokasi studi diperoleh hasil bahwa kelas hambatan samping masuk dalam kategori tinggi, kecepatan arus bebas sebesar 62,593 km/jam dan kapasitas sebesar 3780,69 skr/jam. Dari hasil analisa pengaruh fasilitas u-turn, pada kinerja jalan menunjukan derajat kejenuhan di lokasi studi ialah 1,87, kecepatan tempuh ke arah timur sebesar 27,9% dan ke arah barat penurunan kecepatan tempuh sebesar 21,5%. Kapasitas menjadi 3226,08 skr/jam yang diakibatkan oleh adanya panjang antrian.
Kata Kunci : kinerja ruas jalan pengaruh u-turn
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)