ANALYSIS OF CNC MILLING PROGRAMMING FOR DISC BRAKE PRODUCTION USING CAD CAM

  • Fauzan Novansyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Haris Abizar Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini tidak dipungkiri sudah begitu pesat yang dimana hal ini memaksa penggunaan teknologi untuk bisa mengoptimalkan proses produksi yang cepat. Hal tersebut diiringi dengan pesatnya perkembangan dunia otomotif saat ini dan disertai dengan berbagai inovasi terbaru, yang dimana semakin banyak pula pengguna kendaraan pada saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah NC file, parameter pemesinan dan estimasi waktu pengerjaan pada proses pembuatan discbrake menggunakan mesin CNC. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain dan pengembangan (design development research) yang dimana metode ini bertujuan untuk mengembangkan suatu perangkat instrumen untuk menciptakan sebuah produk dan alat. Metode ini secara umum digunakan untuk sebuah studi mengenai perancangan, pengembangan dan evaluasi yang dijabarkan secara sistematis dan dengan kaidah tertentu. Hasil menunjukan berdasarkan keseluruhan proses CAM maka didapatkan sebuah estimasi waktu untuk pembuatan disc brake yaitu selama 44 menit 37,97 detik. Kemudian dari proses CAM tersebut juga menghasilkan sebuah NC file atau file kode. Setelah  NC file sudah dilakukan penyesuaian dan estimasi waktu pengerjaanpun sudah optimal maka program dapat diserahkan kepada operator untuk dilakukan proses pemesinan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Simarmata, Janner, et al. Pengantar Teknologi Informasi. Yayasan Kita Menulis, 2021.

A. S. Putra and C. Tanato, “Rancangan CNC plotter untuk menulis dan menggambar,” Journal Information System Development (Isd), 2021, 6.2: 42-47.

R. Suhartono, A. Efendi, and F. Faturohman, “Desain mesin pemerah susu sapi portable model bodypack,” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2019, 6.2: 123-128.

Priadi, Arif Dwi, et al. Perancangan dan pembuatan pola ukiran kayu menggunakan program Mastercam X5 (Studi Kasus: Seni Ukir Flora). 2019. PhD Thesis. Fakultas Teknik Unpas.

W. A. Wijaya, Pembuatan Model Lilin Suvenir Logo Teknik Mesin Universitas Islam Indonesia, 2021.

R. E. Saputro, I. Yaningsih, and H. Sukanto, “Studi Implementasi Cad/Cam pada proses milling CNC terhadap kekasaran permukaan dan tingkat kepresisian aluminium 6061,” Jurnal Teknik Mesin Indonesia, 2016, 11.1: 36-40.

A. B. Setiawan, “Revolusi bisnis berbasis platform sebagai penggerak ekonomi digital di Indonesia,” Masyarakat Telematika Dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 9, No. 1, pp. 61, 2018.

Y. K. Lele, Analisis total efektifitas mesin Cnc Homag Baz 41/K Optimat Pada PT. Sarana Interindo Mandiri, 2012.

I. Ilham, Analisa Kualitas Kampas Rem Cakram Antara Originaldengan Yang Bukan Original Pada Mobil. 2021. PhD Thesis. Universitas Hasanuddin.

R. C. Richey and J. D. Klein, Design And Development Research: Methods, Strategies, And Issues. Routledge, 2014.

H. Hasanah, “Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, pp. 21-46, 2017.

S. Lubis, et al., “Study perbanding biaya pemesinan pada proses drilling menggunakan pahat hss dan karbida,” In: Seminar Nasional Teknik (Semnastek) Uisu, pp. 16-22, 2022.

Y. A. Nuhgraha, “Pengembangan proses pemilihan material optimal untuk perancangan rem cakram otomotif,” Jurnal Tedc, vol. 9, no. 3, pp. 160-166, 2019.

R. Hilman, Pengaruh Temperatur Pahat Hss Terhadap Kekasaran Permukaan Benda Kerja Baja St 41 Pada Proses Pembubutan. PhD Thesis. Fakultas Teknik, Universitas Islam Sumatera Utara, 2022.

M. Aris and M. Tantowi, Efektifitas Kinerja Mesin Cnc 5 Axis Portable Karya Mahasiswa Terhadap Mesin Milling Konvensional, PhD Thesis. Universitas Pancasakti, 2020.

N. Syahrizal, Perancangan mesin automatic horizontal drill pada proses assembly top board grand piano di PT. Yamaha Indonesia, 2021.

M. S. Wafa, R. A. Anugraha, and A. Kusnayat, “Perancangan kombinasi parameter permesinan corner-milling untuk mendapatkan surface roughness optimal pada thin wall component dengan menggunakan Metode Taguchi,” Eproceedings Of Engineering, 2021, 8.5.

D. H. Sulistyarini, O. Novareza, and Z. Darmawan, Pengantar Proses Manufaktur Untuk Teknik Industri, Universitas Brawijaya Press, 2018.

Published
2023-04-18
How to Cite
[1]
Fauzan Novansyah and H. Abizar, “ANALYSIS OF CNC MILLING PROGRAMMING FOR DISC BRAKE PRODUCTION USING CAD CAM”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 8, no. 1, pp. 73-80, Apr. 2023.