PEMETAAN DAERAH RAWAN RESIKO GEMPA BUMI BERDASARKAN ANALISIS DATA MIKROTREMOR MENGGUNAKAN METODE HVSR DI KOTAMADYA DENPASAR DAN SEKITARNYA, BALI

  • Riski Kurniawan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta

Abstract

Telah dilakukan pengukuran mikrotremor di Kotamadya Denpasar dan sekitarnya pada bulan Mei sampai Juni dan Oktober sampai November 2014 oleh Pusat Survey Geologi (PSG) Bandung.. Penelitian ini dilakukan pada 249 titik pengukuran mikrotremor single station.  Pemetaan ini dilakukan untuk memetakan daerah rawan resiko di daerah penelitian berdasarkan hasil pengolahan data mikrotremor menggunakan metode HVSR (Horizontal to Vertical Spectrum Ratio) dengan bantuan software geopshy.

Hasil pengolahan data mikrotremor Kotamadya Denpasar dan sekitarnya diperoleh nilai frekuensi dominan berkisar antara (0,96 – 14,59) Hz, nilai amplifikasi 1,15 – 12,08, nilai indeks kerentanan seismik 0,27 – 39,81, nilai percepatan getaran tanah permukaan (34,93 – 147,59) gal dan nilai ground shear strain 1,5 x  – 2,1x    .

Berdasarkan pengolahan data mikrotremor daerah Kotamadya Denpasar dan sekitarnya menunjukan bagian selatan daerah penelitian memiliki potensi kerusakan lebih tinggi dibandingkan dengan bagian utara saat terjadi gempa bumi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-15
How to Cite
[1]
R. Kurniawan, “PEMETAAN DAERAH RAWAN RESIKO GEMPA BUMI BERDASARKAN ANALISIS DATA MIKROTREMOR MENGGUNAKAN METODE HVSR DI KOTAMADYA DENPASAR DAN SEKITARNYA, BALI”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 2, no. 1, pp. 21-30, Jan. 2018.
Section
Articles