ANALISIS PENGURANGAN RESIKOBANJIR LAHAR DINGIN DI KECAMATAN DANUREJAN

  • Sely Novita Sari Sekolah tinggi teknologi nasional yogyakarta

Abstract

Letusan gunung pada tahun 2010 membawa dampak yang sangat luar biasa terhadap tatanan social ekonomi maupun kehidupan seputar puncak gunung merapi.Hal tersebutmengakibatkan ancaman bencana banjir lahar pada daerah pemukiman di sepanjang bantaran yang berhulu di daerah Gunung Merapi.Sungai Code merupakan salah satu sungai yang terkena dampak aliran lahar GunungMerapi pasca erupsi 2010 lalu. Endapan dari material pasir dan batuan yang dibawa air daripuncak Gunung Merapi membuat Sungai Code mengalami pendangkalan dan mengurangikapasitas tampungan sehingga rawan akan terjadinya aliran lahar. Kecamatan Danurejan yang berada berada di wilayah Kota Jogjakarta merupakan daerah yang padat penduduk, dengan kepadatan 27.856 jiwa/km2. Letak KecamatanDanurejan berada di bantaran sungai Code, yang merupakan sungai berhulu di GunungMerapi, sehingga termasuk daerah yang terancam oleh banjir lahar dingin.Dari beberapa kejadian di tahun yang sudah lalu, banjir lahar dingin terbuktimenimbulkan kerusakan dan kerugian yang tidak sedikit, yang meliputi aspek fisik, ekonomi,social, dan budaya.Sehingga perlu dilakukan Risk Assessment di Kecamatan Danurejanuntuk mengetahui tingkat risiko yang ditimbulkan oleh bencana banjir lahar dingin. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tindakan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko banjirlahar dingin di kecamatan Danurejan. (Risk Response) dan menentukan tindakan yang paling tepat untuk mengurangi risiko akibat banjir lahar dingin di kecamatan Danurejan. (Risk Monitoring).Penelitian ini membutuhkan dua macam data, yaitu data hazard banjir kali code dikecamatan Danurejan dan data wilayah kecamatan Danurejan. Data hazard meliputi catatansejarah kejadian banjir lahar dingin di kecamatan Danurejan pada masa yang lalu dan dataancaman banjir lahar dingin merapi di kali Code. Sedangkan data wilayah kecamatanDanurejan meliputi data kependudukan, data kondisi fisik, ekonomi, social dan budaya, sertadata kemajuan wilayah.Dari nilai hazard, vulnerability, dan capacity akan menjadi dasar dalamperhitungan Risk Assesment, sehingga diperoleh nilai risiko untuk banjir lahardingin di Kecamatan Danurejan adalah 0,4506 dan termasuk risiko tinggi.Risk Respon dilakukan setelah analisa terhadap risk assessment dilakukan dandiketahui memiliki risiko tinggi terhadap banjir lahar dingin, sehingga dilakukanmitigasi untuk menurunkan risiko tersebut. Hasil keseluruhan biaya yang harusdikeluarkan saat mitigasi adalah 2,8 M.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sely Novita Sari, Sekolah tinggi teknologi nasional yogyakarta
A. Biodata                            1Nama LengkapSely Novita Sari ST.,MT         2Jenis KelaminPerempuan          3Jabaan Fungsional-          4NIP/NIK/Identitas lainnya1973 0265          5NIDN502118901          6Tempat dan Tanggal LahirLangsa, 23 November 1989        7E-mailselynovita23@gmail.com        8Nomor Telepon/HP81392908114          9Alamat KantorJl. Babarsari, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta      10Nomor Telepon/Faks(0274) 485390, Fax 0274-485619        11Lulusan yang telah dihasilkanS-1= 0 orang, S-2= 0 orang, S-3= 0 orang       12Mata kuliah yang diampu1. Analisis Strukur II           2. Analisis Struktur III         3. Analisis Struktur IV         4. Ekonomi Teknik         5. Matematika Teknik I         6. Kewirausahaan                                       B. Riwayat Pendidikan                            S-1S-2S-3 Nama Perguruan TinggiUnivesitas Islam IndonesiaUnivesitas Islam Indonesia  Bidang IlmuTeknik SipilTeknik Sipil  Tahun Masuk-Lulus2007-20112011-2013  Judul Skripsi/TesisPeningkatan Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Seturan-Jalan Lingkar UtaraEvaluasi Manual Pemeliharaan Gedung Sekolah (Studi Kasus Untuk Daerah Rawan Gempa)  Nama Pembimbing/PromotorIr. H. Corry Ya'cub.,MTDosen Pembimbing I: Fitri Nugraheni.,ST.,MT.,Ph.D    Dosen Pembimbing II: Dr. Ir. Ruzardi .,MS                 C. Pengalaman Penelitian Dalam 5 Tahun                          No TahunJudul PenelitianPendanaan    SumberJumlah (Juta Rp)                D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat  Dalam 5 Tahun Terakhir        No TahunJudul Pengabdian Kepada MasyarakatPendanaan    SumberJumlah (Juta Rp)                       E. Publikasi Artikel Ilmiah dalam 5 tahun terakhir          No.TahunJudul Artikel IlmiahVolume/nomornama jurnal                      F. Publikasi Seminar Ilmiah (oral Presentation) dalam 5 tahun terakhir        NoNama Pertemuan Ilmiah/SeminarJudul Artikel IlmiahWaktu dan Tempat                     G. Karya Buku dalam 5 tahun Terakhir           No. Judul BukuTahunJumlah HalamanPenerbit                      H. Perolehan HKI dalam 5-10 Tahun Terakhir          No.Judul/Tema HKITahun JenisPnomor P/ID                      I. Pengalaman merumuskan kebijakan publik/Rekayasa Sosial lainnya dalam 5 tahun terakhir      NoJudul/ tema/ jenis rekayasa sosial lainnya yang telah diterapkanTahunTempat penerapan Respon Masyarakat                       J. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi, atau institusi lainnya)      NoJudul/ tema/ jenis rekayasa sosial lainnya yang telah diterapkanTahunTempat penerapanRespon Masyarakat                    
Published
2018-01-15
How to Cite
[1]
S. N. Sari, “ANALISIS PENGURANGAN RESIKOBANJIR LAHAR DINGIN DI KECAMATAN DANUREJAN”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 2, no. 1, pp. 1-6, Jan. 2018.
Section
Articles