KAJIAN TEKNIS KINERJA JIG UNTUK MENINGKATKAN RECOVERY BIJIH TIMAH PADA PROSES PENCUCIAN DI KAPAL KERUK 19 BANGKA 2 PT. TIMAH TBK WILAYAH OPERASI PRODUKSI KUNDUR KABUPATEN KARIMUN PROVINSI KEPRI

  • fauzi akbar ITNY
  • Partama Misdiyanta
  • Shilvyanora Aprilia Rande

Abstract

  1. Timah Tbk adalah produsen serta eksportir logam timah yang memiliki segmen usaha penambangan timah terintegrasi mulai dari kegiatan eksplorasi, penambangan, pengolahan, hingga pemasaran. Endapan bijih timah yang berada di laut Kepulauan Riau dieksploitasi dengan penambangan lepas pantai. Sedangkan pada penambangan lepas pantai digunakan Kapal Keruk Bucket Dregde (BD), Bucket Wheel Dredge (BWD), dan Kapal Isap Produksi (KIP).

Dalam penambangan didapatkan recovery  kurang optimal, berdasarkan data pada bulan Juli 2018 hasil recovery sebesar 96,27%, kemudian pada hasil recovery bulan Februari 2019 didapatkan 95,60%, maka perlu dilakukan peningkatan pada hasil pencucian menggunakan jig pada bulan Maret 2019 agar hasil penambangan lebih optimal. Pada data hasil sampling di bulan Maret didapatkan hasil recovery 96,98% dimana hasil pada bulan ini sudah diatas target dan diatas pada hasil recovery bulan Februari, sehingga dapat dipastikan bahwa pada bulan Maret lebih optimal dengan dilakukanya perubahan variabel panjang pukulan jig, dalam upaya mengoptimalkan hasil recovery maka yang perlu diperhatikan kembali bahwa variabel jig dan kerusakan serta kesalahan teknis dapat menjadi penyebab dari kurang optimalnya hasil recovery, sehingga perlu meminimalisir kesalahan tersebut dan pada alat serta variabel jig perlu diperhatikan dengan baik karena keausan alat mempengaruhi variabel menjadi jauh dari ukuran yang standart-nya atau jauh dari ukuran SOP.

Published
2020-09-02
Section
Articles