OPTIMASI FLEET MANAGEMENT SYSTEM (FMS) – FOCUS GUNA MENGURANGI WAKTU TIDAK PRODUKTIF (IDLE TIME) PADA ALAT ANGKUT
Abstract
Abstrak
Dalam produksi pengupasan tanah penutup atau overburden, alat mekanis yang digunakan yaitu Hitachi EX2600, Hitachi EX2500 dan Komatsu PC2000, sedangkan untuk alat angkut yang digunakan adalah dump truck Caterpillar CAT 777E, Caterpillar CAT 777D dan Komatsu HD 785-7. Permasalahan yang terjadi saat ini yakni masih besarnya persentase waktu tidak produktif atau idle time yang merupakan kondisi menyala mesin namun tidak menghasilkan produksi pengupasan overburden. Dalam melaksanakan penelitian ini, penulis menggabungkan antara studi pustaka dengan data-data di lapangan sehingga dari keduanya didapat pendekatan penyelesaian masalah. Konsumsi bahan bakar ketika idle time diketahui dari perhitungan menggunakan pendekatan RPM yaitu sebesar 9,85 liter/jam dengan waktu tidak produktif atau idle time 1207 jam/bulan dan total konsumsi bahan bakar sebesar 11.888 liter/bulan, sedangkan untuk konsumsi aktual sebesar 55,80 liter/jam dengan working hour 7538 jam/bulan dan total konsumsi sebesar 420.619 liter/bulan. Perbaikan habbit operator dan penerapan konsep match factor selama berjalannya cycle time sehingga didapati pengurangan idle time menjadi 903.5 jam/bulan dan membuat persentase idle time menjadi 12%, hal tersebut membuat pengurangan terhadap konsumsi bahan bakar menjadi 417.630 liter/bulan, artinya telah memenuhi target penurunan idle time serta efisiensi konsumsi bahan bakar yang diharapkan perusahaan.
Kata Kunci: Idle Time, Fleet Management System (FMS)-FOCUS, Konsumsi Bahan Bakar
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)