Efektivitas Penerapan Inspeksi Unit Safety Risk and Quality Control dalam Mengendalikan Wildlife Hazard di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi

  • Dea Lena HR Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Keywords: Safety Risk and Quality Control, Wildlife Hazard, Inspeksi

Abstract

Bandar udara Sultan Thaha merupakan bandar udara yang terletak di provinsi Jambi, Indonesia. Bandara ini berjarak kurang lebih 2 kilometer dari pusat kota jambi, selain itu lokasi yang strategis ini masih dikelilingi dengan hutan sehingga adanya ancaman dari satwa liar yang mengharuskan bandar udara Sultan Thaha untuk membentuk unit yang menangani bahaya hewan liar. Unit tersebut adalah unit Safety, Risk and Quality Control yang bertugas melakukan inspeksi untuk mengidentifikasi potensi gangguan hewan liar, menghitung Tingkat risiko yang disebabkan oleh hewan liar, dan mengendalikan gangguan hewan liar. Berdasarkan dari permasalahan diatas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “EFEKTIVITAS PENERAPAN INSPEKSI UNIT SAFETY, RISK AND QUALITY CONTROL DALAM MENGENDALIKAN WILDLIFE HAZARD DI BANDAR UDARA SULTAN THAHA JAMBIâ€.

Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan innspeksi efektif dalam mengendalikan wildlife hazard di bandar udara Sultan Thaha Jambi yang dibuktikan dengan menurunnya jumlah temuan yang ditemukan saat dilaksanakannya inspeksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa inspeksi efektif dalam mengendalikan wildlife hazard karena dengan adanya inspeksi tersebut, unit Safety, Risk and Quality Control dapat mengidentifikasi adanya potensi gangguan hewan liar dan segera dilakukan pencegahan dan mitigasi terhadap potensi gangguan hewan liar tersebut.

Published
2024-08-06
How to Cite
Lena HR, D. (2024). Efektivitas Penerapan Inspeksi Unit Safety Risk and Quality Control dalam Mengendalikan Wildlife Hazard di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi. 5TH CEEDRIMS 2024, 5(1), 75-81. Retrieved from //journal.itny.ac.id/index.php/CEEDRIMS/article/view/4991