Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
    • Format penulisan sudah sesuai dengan template ?
    • Naskah dalam bentuk OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect ?
    • Naskah  merupakan naskah yang belum pernah dipublikasikan dan bukan merupakan karya orang lain selain dari yang tercantum dalam naskah.

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN DAN KIRIM ARTIKEL ReTII

Pada bagian ini disampaikan tata cara pengunggahan manuskrip/artikel dan proses review yang dilakukan pada Elektronik Jurnal ReTII yang diterbitkan oleh Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.

Penggunggahan manuskrip/artikel pada jurnal elektronik ReTII dilakukan secara bertahap yaitu:

Tahap pertama, author atau penulis terlebih dahulu melakukan registrasi pada bagian register pada web ReTII atau link https://journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/user/register. Setelah terdaftar author memperoleh akses untuk melakukan submission manuskrip /artikel dengan terlebih dahulu melakukan login.

Tahap kedua, Author mengikuti serangkaian prosedur submission yang diawali dengan start new submission. ( Home> User> Author>Submission> New Submission). Selanjutnya serangkaian proses harus diikuti oleh author yaitu:

Step 1. Starting New Submission. Pada bagian ini author perlu melakukan checking pada submission checklist. Author harus melakukan checklist (mencentang) pada copyright notice. Author juga dapat menyampaikan pesan kepada editor melalui comement for editor. Bila telah terisi dengan benar lakukan klik pada Save and continue.

Step 2. Uploading the Submission. Pada bagian ini file berektensi (.doc ) dapat diunggah melalui Submission File. File yang diunggah merupakan file yang berisi manuscript/artikel yang hanya berisi Text, Gambar dan Tabel. Tambahan Gambar dan Tabel sebagai lampiran dapat diunggah melalui Step 4. Upload Supplementary File. Format penulisan artikel dalam Text dapat diunduh pada link: http://journal.itny.ac.id/ReTII/manager/files/TemplateReTII.docx Setelah mengungah file dapat melanjutkan Step selanjutnya dengan cara melakukan klik pada tombol Save and Continue

Step 3. Entering the Submission’s Metadata. Data mengenai Author dilengkapi pada Step ini. Apabila manuscript/ artikel ditulis oleh lebih dari satu Author maka dapat melakukan tambahan data Author dengan cara klik Add Contributor. Judul manuscript/artikel, Abstract, Kata Kunci diketikan pada tempat yang telah disediakan. Tulislah Judul Artikel sesuai dengan manuscript/artikel (Bahasa Indonesia). Utamakan isian yang bertanda asterik (*). Setelah melakukan pengisian data pada bagian ini dengan benar, selanjutnya klik Save and continue.

Step 4. Uplosding Suplementary Files. File pendukung manuscript/artikel berupa Gambar dan Tabel diunggah pada bagian ini. File Gambar dan Tabel ditempatkan pada file berektensi (.doc ). Gambar dan tabel diberi nama dan urutan mengacu pada artikel dalam bentuk text yang telah diunggah pada Step 2. Jika tidak ada file pendukung maka dapat dilanjutkan ke step 5, tanpa unggah dokumen.

Step 5. Apabila seluruh rangkaian dilalui dengan benar pada Step 5 tampak informasi berkaitan dengan submission yang telah dilakukan. Untuk mengakhiri proses, lakukan klik pada Finish submission. Perkembangan dari artikel yang telah disubmission dapat dilihat pada Home>user>Author>Active Submission

Komunikasi Author dengan Editor board dilakukan melalui media email dan laman yang ada pada Prosiding ReTII.

Terima kasih

Salam

Editor board

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.