Optimasi Prestasi Motor Bakar Empat Langkah Berbahan Bakar Liquefied Petroleum Gas dengan Water Injection

  • Fiqih Muhammad Universitas Jember
  • Nasrul Ilminnafik Universitas Jember

Abstract

Jumlah kendaraan bermotor yang semakin banyak menyebabkan tingginya tingkat konsumsi bahan bakar minyak di Indonesia dan mengakibatkan tingginya tingkat pencemaran udara akibat dari sisa pembakaran kendaraan bermotor. Liqufied Petroleum Gas (LPG) merupakan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dan bisa menggantikan bahan bakar minyak. Penggunaan LPG pada mesin motor bakar menyebabkan mesin lebih cepat panas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prestasi motor bakar empat langkah berbahan bakar premium dengan LPG dengan penambahan water injection. Variasi air yang diinjeksikan adalah A100, A75, dan A50. Penggunaan bahan bakar LPG dapat meningkatkan torsi mesin, akan tetapi daya yang dihasilkan cenderung lebih rendah. Penggunaan bahan bakar LPG dengan water injection A50 dapat meningkatkan torsi dan daya. Penggunaan bahan bakar LPG juga mengurangi emisi CO, dengan nilai optimal pada A100. Bahan bakar LPG mampu menghemat konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan bahan bakar premium dengan penurunan konsumsi bahan bakar paling optimum dihasilkan dengan variasi water injection A50.

Author Biography

Fiqih Muhammad, Universitas Jember
mechanical engineering

References

BP Statistical Review. BP Statistical review of World Energy. 2016; London.

Anyon, P. 2003. LPG - The Clean Transport Alternative: Presenting the Environmental Case, Australian Liquefied Petroleum Gas Association Limited: ISBN: 0 9750843 2 1, Sydney

Kalra. D., Dr.Veeresh, B.A., Kumar, M.V. 2014. Effects of LPG on the performance and emission characteristics of SI engine - An Overview. IJEDR1403019. Volume 2, Issue 3, ISSN: 2321-9939: 2997 – 3003.

Pundkar, A.H. Lawankar, S.M. Deshmukh, Dr.S. 2012. Performance and Emissions of LPG Fueled Internal Combustion Engine: A Review. International Journal of Scientific & Engineering Research. Vol. 03. Issue. 03. March. ISSN: 2229-5518.

Pradep, V., Bakshi, S., Ramesh, A., 2013. Scavenging port based injection strategies for an LPG fuelled two-stroke spark-ignition engine. Applied Thermal Engineering 67, 80-88

Ilminnafik N., Ramadhan M.E., Kristianto P., Wasik K. Zainuri A. Optimasi Sepeda Motor Berbahan Bakar LPG, Seminar Nasional Energi Teknologi dan Otomasi (SNETO), Bandung, 2017: 46.1-46.6 .

Mahmud, F., Bugis, H., Basori. 2015. Rancang Bangun Water Injection Berbasis Mikrokontroler Serta Pengaruhnya Terhadap Torsi Dan Daya Sepeda Motor Honda Mega Pro Tahun 2009. Jurnal Nosel Vol 3 No 4.

Pradana, A, Z., Bugis, H., Rohman, N. Uji Emisi Co dan Hc Mesin Berbahan Bakar Premium Pada Sepeda Motor Honda Supra Fit Tahun 2010. 2015. Jurnal Nosel, Vol 3 No 3.

Farag,M., Kosaka,H., Bady,M., Abdel-Rahmat, A,K. Effect of Intake and Exhaust Manifold Water Injection on Combustion And Emission Characteristic of a Diesel Engine. 2017. Journal Thermal Science nnd Technology. Vol 12 No 1

Arabaci,E., Icingur,y., Solmaz,h., Uyumaz,A., Yilmaz,E. Experimental Investigation of Effect Water Injection Parameters on Engine Performance in a Six Stroke Engine. 2015. Journal Energy Convertion and Management. Vol 98. 89-97.

Minguri, W., Nguyen Thanh, S, A., Turkson, R, F., Jinping, L., Guanlung, G. 2016. Water Injection for Higher Engine Performance and Lower Emission. Journal of the Energy Institut. 1-15

Published
2018-11-24
How to Cite
Muhammad, F. and Ilminnafik, N. (2018) “Optimasi Prestasi Motor Bakar Empat Langkah Berbahan Bakar Liquefied Petroleum Gas dengan Water Injection”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/1001 (Accessed: 20April2024).