Analisis Tipe Fluida Dan Geotermometer Reservoir Panas Bumi Berdasarkan Data Geokimia Air Daerah Gunung Pandan, Bojonegoro, Jawa Timur

  • Onggi Yudha Pratama Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNas)
  • Hanindya Ramadhani Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNas)
  • Herning Dyah Kusuma WIjayanti Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNas)
  • Paramitha Tedja Trisnaning Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNas)

Abstract

Gunung Pandan merupakan salah satu gunungapi yang terletak di Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur yang muncul pada awal Pleistosen – Kuarter (Dyufjes, 1938 dalam Van Bemmelen, 1949). Manifestasi panas bumi yang muncul di Gunung Pandan dan sekitarnya berupa mata air panas, travertine, sinter silika, dan mud pool. Berdasarkan analisis jenis aliran, fluida manifestasi sistem panas bumi Gunung Pandan berada pada zona outflow dengan proses yang berkembang di bawah permukaan berupa aliran lateral, pencampuran dengan air tanah, dan pendinginan secara konduktif. Sedangkan untuk tipe fluida yang ada di Gunung Pandan berdasarkan tenary diagram Cl – SO4 – HCO3 berupa chloride water dan dilute chloride water. Berdasarkan geotermometer Na-K-Mg, suhu bawah permukaan berkisar pada 160-190oC. Namun dikarenakan fluida panas bumi berasosiasi dengan travertine maka dilakukan penghitungan geotermometer Na-K-Ca dengan koreksi Mg, hasilnya diperoleh suhu reservoir berkisar 90oC dan termasuk pada sistem panas bumi bersuhu rendah. Penyelidikan bawah permukaan diperlukan untuk mengetahui lebih lanjut tentang sistem panas bumi yang ada di Gunung Pandan.

 Kata kunci: geokimia, Gunung Pandan, panas bumi, geotermometer

Author Biographies

Onggi Yudha Pratama, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNas)
Jurusan Teknik Geologi
Hanindya Ramadhani, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNas)
Jurusan Teknik Geologi
Herning Dyah Kusuma WIjayanti, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNas)
Jurusan Teknik Geologi
Paramitha Tedja Trisnaning, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNas)
Jurusan Teknik Geologi
Published
2018-11-24
How to Cite
Pratama, O. Y., Ramadhani, H., WIjayanti, H. D. K. and Trisnaning, P. T. (2018) “Analisis Tipe Fluida Dan Geotermometer Reservoir Panas Bumi Berdasarkan Data Geokimia Air Daerah Gunung Pandan, Bojonegoro, Jawa Timur”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/1018 (Accessed: 19April2024).