Pembangkit Listrik Turbin Angin dengan Poros Vertikal

  • Sugiono Sugiono Program Studi Teknik Elektro, Universitas Islam Malang
  • Margianto Margianto Program Studi Teknik Mesin, Universitas Islam Malang
  • Artono Raharjo Program Studi Teknik Mesin, Universitas Islam Malang

Abstract

Energi alternatif saat ini sangat dibutuhkan masyarakat pada umumnya sehingga perlu adanya penelitian yang terus menerus untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu energy saat ini yang dibutuhkan adalah Turbin angin tipe Savonius merupakan turbin angin yang tidak sukar untuk dibuat, murah dan mudah dioperasikan. Penelitian ini bertujuan untuk menaikkan efisiensi dari turbin angin ini. Disini akan diteliti pengaruh dari jumlah blade terhadap kecepatan rotasional dan daya yang dihasilkan oleh turbin angin ini. Penelitian dilakukan di laboratorium Teknik Mesin Universitas Islam Malang, dan pengujian lapangan dilakukan di kabupaten Probolinggo – Jawa Timur yang setiap tiga   sampai empat bulan sering muncul angin gending yang muncul dengan kecepatan 1 sampai dengan 2 meter per detik.Penelitian dilakukan dengan menguji dua buah turbin angin tipe Savonius yang memiliki 2 buah blades dan 3 buah blades. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa jumlah blades tidak secara signifikan meningkatkan kecepatan rotasional maupun daya yang dihasilkan oleh turbin angin tipe Savonius ini.

References

M.F. Voneschen, Savonius Wind Generator, La Veritat, 2008.

Aerodynamic Losses in Turbines with and without Film Cooling, as Influenced by Mainstream Turbulence, Surface Roughness, Airfoil Shape, and Mach Number. Phil Ligrani – Hindawi Publishing Corp. International Journal of Rotating Machinery. Volume 2012, Article ID 957421.

Hugh Piggott, A Wind Turbine Recipe Book, NA Digital Edition 2014.

Hermsvicencio, Design Calculation of Savonius Wind Turbine, Scribd 2012.

Sdenne, Savonius Wind Turbine – Using an Altenator as a Motor, Scribd 2013.

How to Cite
Sugiono, S., Margianto, M. and Raharjo, A. (1) “Pembangkit Listrik Turbin Angin dengan Poros Vertikal”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/1029 (Accessed: 15June2024).