Kolaborasi Energi Surya dan Angin Untuk Meningkatkan Kualitas Ikan Kering dan Hasil Olahannya Bagi Masyarakat Nambangan Kenjeran

  • Hadi Santosa Jurusan Teknik Industri, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Yuliati Yuliati Jurusan Teknik Elektro, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Abstract

Proses produksi pengeringan ikan dan hasil olahannya (kerupuk) yang  dilakukan di daerah Kenjeran oleh para  nelayan sebagian besar masih melalui pengeringan secara tradisional selama ± 3 hari jika cuaca cerah dan membalik-balik kerupuk sebanyak 4 – 5 kali agar pengeringan merata di atas ”jerebeng” bambu dan diletakkan berjejer dipinggir jalan. Namun, karena kondisi cuaca saat ini yang tidak menentu seringkali membuat para pengrajin kerepotan dalam menjemur ikan dan hasil olahannya. Pada kondisi cuaca hujan ikan hasil tangkapan tidak dapat dikeringkan dengan sempurna sehingga produk ikan yang dihasilkan mengalami kerusakan (berjamur) bahkan membusuk sehingga pengrajin dan nelayan mengalami kerugian. Berdasarkan survei awal, analisis situasi dan adanya potensi energi terbarukan yang tersedia di pesisir pantai Kenjeran, maka metode yang digunakan dalam kegiatan Ibm ini meliputi tahap perancangan alat pengering bertenaga surya dan angin serta tahap sosialisasi dan penyuluhan cara pengeringan menggunakan alat tersebut kepada khalayak sasaran. Berdasarkan uji coba maka hasil pengeringan ikan lebih higienis dan tidak mudah berjamur karena penurunan susut airnya tinggi yaitu 67%, Pemanfaatan angin untuk memutar kincir mampu menghasilkan listrik sebesar 200 watt.Listrik yang dihasilkan oleh kincir angin  dapat dimanfaatkan untuk menimbulkan panas heater nickelin yang dapat digunakan untuk lebih mempercepat proses pengeringan.

References

Energi angin, [Online], diakses di http://web.ipb.ac.id, [ 15 Maret 2013].

Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, [Online], diakses di http://www.esdm.go.id/ , [21 Maret 2013].

Erkata Yandri, (2009), “Perlunya Efisiensi Energi dan Eksplorasi Energi Terbarukan “, INOVASI Vol14/XXI/Juli 2009.

Hadi Santosa, Yuliati, (2012), ”Pemanfaatan Energy Surya dengan Efek Rumah Kaca dalam Perancangan Sistem Pengering Kerupuk dan Ikan di Daerah Kenjeran“ Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), ISSN: 1979-911X.

How to Cite
Santosa, H. and Yuliati, Y. (1) “Kolaborasi Energi Surya dan Angin Untuk Meningkatkan Kualitas Ikan Kering dan Hasil Olahannya Bagi Masyarakat Nambangan Kenjeran”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/1030 (Accessed: 16June2024).