Analisis Faktor Koreksi C Pada Pengukuran Debit Aliran Air Bersih Yang Menggunakan Weir V-Notch Dengan Sudut Puncak 90 Derajat

  • Yohanes Agus Jayatun

Abstract

Salah satu alat yang digunakan untuk mengukur debit aliran pada aliran terbuka adalah celah Weir tipe V-Notch yang berbentuk segitiga terbalik dengan sudut puncak 90 derajat. Alat itu dipasang tegak lurus terhadap aliran. Tinggi muka aliran pada celah terhadap puncak segitiga dapat digunakan untuk menghitung debit aliran itu berdasarkan model matematik yang sudah tersedia. Namun demikian karena adanya gesekan bahan celah terhadap aliran, maka debit aliran yang terhitung berdasarkan tinggi muka air itu tidak memberikan nilai yang tepat, sehingga diperlukan faktor koreksi  C terhadap model matematk itu. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan faktor koreksi C. Nilai C dicari dengan cara membandingkan pengukuran debit yang diukur secara langsung terhadap debit yang dihitung dengan model matematik yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan besarnya nilai C = 1,8 dan mempunyai ketelitian 6,1 %.

References

Ranald V. Giles, 1977, Theory and Problems of Fluid Mechanics and Hydraulics, Schaum’s Outline Series, McGraw-Hill Book Company, New York, 2nd edition.

Soufyan Moh.Noerbambang & Takeo Morimura, 2005, Perancangan Dan Pemeliharaan Sistem Plambing, PT. Pradnya Paramita, Jakarta, cetakan ke Sembilan

Victor L. Streeter dan E. Benjamin Wylie, 1999, Mekanika Fluida, alih bahasa oleh Arko Prijono,M.S.E., Penerbit Erlangga, Jakarta, Edisi Delapan, Jilid 1.

Yohanes Agus Jayatun, Analisis Faktor Koreksi Pada Alat Ukur Debit Aliran Air Bersih Tipe V-Notch Dengan Sudut Puncak 90 Derajat, 2011, Laporan Penelitian, P3M STTNAS Yogyakarta.

Yohanes Agus Jayatun, Analisis Kekasaran Permukaan Rata-rata Dinding Bagian Dalam Pipa Galvanized Iron Pipe (GIP) Diameter Nominal 1 Inchi Dengan Fluida Kerja Air Bersih, 2013, Prosiding Seminar Nasional ke-8 Tahun 2013 ReTII, STTNAS, Yogyakarta.

How to Cite
Agus Jayatun, Y. (1) “Analisis Faktor Koreksi C Pada Pengukuran Debit Aliran Air Bersih Yang Menggunakan Weir V-Notch Dengan Sudut Puncak 90 Derajat”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/1031 (Accessed: 16June2024).