KARAKTERISTIK DISTILASI AIR ENERGI SURYA ABSORBER KAIN BERSEKAT PENAMPUNG AIR

  • Winih Arga Christian Universitas Sanata Dharma
  • F.A. Rusdi Sambada Universitas Sanata Dharma

Abstract

Saat ini masih banyak ditemui kasus kelangkaan air bersih yang disebabkan terkontaminasinya air bersih oleh bahan kimia, bakteri, kuman, tanah, garam dan zat berbahaya lainnya. Salah satu solusi untuk mendapatkan air bersih adalah dengan menggunakan metode distilasi. Distilasi adalah proses pemisahan komponen zat dengan penguapan dan pengembunan yang terpisah. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat distilasi air menggunakan energi surya. Permasalahanya adalah alat yang ada pada saat ini masih memiliki efisiensi yang sangat sedikit. Jenis distilasi air energi surya yang banyak dipakai adalah jenis absorber bak dan jenis absorber kain. Jenis absorber bak mempunyai keunggulan yakni kecilnya kerugian energi panas yang keluar ke lingkungan dari alat distilasi, tetapi mempunyai kelemahan yakni proses penguapan yang kurang efektif. Jenis absorber kain mempunyai keunggulan yakni proses penguapannya lebih efektif, tetapi mempunyai kelemahan yakni kerugian energi panas yang keluar dari alat distilasi ke lingkungan yang lebih besar dibandingkan jenis absorber bak.

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan efisiensi dengan memadukan keunggulan dari jenis absorber bak dan absorber kain. Perpaduan dari kedua jenis alat distilasi tersebut menghasilkan jenis baru yaitu distilasi air energi surya absorber kain bersekat penampung air. Jenis ini menghasilkan efisiensi yang lebih tinggi dan tidak memiliki kerugian panas yang keluar dari alat distilasi. Penelitian ini akan dibuat model distilasi air energi surya jenis absorber kain bersekat penampung air dan model distilasi air jenis absorber kain yang umum sebagai pembanding.

Secara keseluruhan, kenaikan efisiensi aktual tertinggi penelitian alat distilasi air energi surya jenis absorber kain bersekat penampung air ada pada variasi massa air 0,1 kg debit air masuk 1,8 liter/jam  dengan kenaikan 60,3 % dibandingkan dengan alat distilasi air energi surya jenis absorber kain. Hasil air distilasi variasi ini adalah 2,02 kg/m2.

Kata kunci : distilasi air, energi surya, absorber, penampung air, efisiensi.

Author Biography

Winih Arga Christian, Universitas Sanata Dharma
Jurusan Teknik Mesin
Published
2018-11-24
How to Cite
Christian, W. A. and Sambada, F. R. (2018) “KARAKTERISTIK DISTILASI AIR ENERGI SURYA ABSORBER KAIN BERSEKAT PENAMPUNG AIR”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/1044 (Accessed: 20July2024).