ANALISIS KURVA IDF (INTENSITY-DURATION-FREQUENCY) DAS GAJAHWONG YOGYAKARTA

  • Andrea Sumarah Asih
  • Garyesto Theopastus Habaita

Abstract

Analisis hidrologi sangat dibutuhkan dalam perencanaan bangunan-bangunan hidraulik. Salah satu diantaranya perencanaan saluran drainase yang membutuhkan kurva IDF (Intensity-Duration Frekuency) untuk dapat menghitung debit banjir rencana. Penelitian ini bertujuan menganalisis kurva IDF DAS Gajah Wong yang nantinya dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja sistem drainase beberapa kawasan yang terletak di DAS Gajah Wong salah satunya adalah kawasan Babarsari.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan data hujan harian sepanjang 13 tahun mulai dari tahun 2000 sampai dengan 2012 di stasiun Prumpung, Sopalan dan Santan. Data hujan dianalisis frekuensinya untuk menentukan jenis  distribusi yang sesuai, kemudian diuji dengan metode Chi Kuadrat dan Smirnov Kolmogorov untuk mengetahui apakah jenis distribusi sudah tepat atau belum. Berdasarkan jenis distribusi terpilih kemudian dapat dihitung besaran hujan rancangan dengan kala ulang tertentu. Hujan rancangan   kemudian dianalisis menggunakan metode Mononobe   sehingga didapatkan hubungan antara intensitas hujan dan durasi berdasarkan frekuensi kejadiannya. Penyajian secara grafik hubungan ini berupa kurva IDF (Intensity-Duration-Frequency) yang menyatakan besarnya perkiraan intensitas hujan untuk berbagai kala ulang.

Hasil penelitian data hujan menggunakan metode analisis frekuensi menunjukkan bahwa jenis distribusi yang sesuai dengan sebaran data di wilayah studi adalah distribusi normal. Sedangkan persamaan yang didapatkan dari kurva IDF menggunakan metode Mononobe untuk berbagai kala ulang diantaranya untuk kala ulang 5 tahun yaitu y = 385.79 x-0.667 dan kala ulang 10 tahun yaitu y = 429.96 x-0.667.

Published
2015-10-14
How to Cite
Asih, A. S. and Habaita, G. T. (2015) “ANALISIS KURVA IDF (INTENSITY-DURATION-FREQUENCY) DAS GAJAHWONG YOGYAKARTA”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/117 (Accessed: 25June2024).