ANALISIS PENGARUH HARMONIK TERHADAP NILAI FAKTOR DAYA DAN RUGI DAYA DI INSTALASI LISTRIK INDUSTRI

  • Janny F. Abidin

Abstract

Beban tak linier seperti konverter statis, pengaturan kecepatan motor (adjustable speed drives) dan catu daya kontinu (uninteruptible power systems), merupakan beban yang paling banyak digunakan pada jaringan tenaga listrik suatu industri moderen. Hal ini menimbulkan efek samping pada sistem tenaga listrik yaitu timbulnya arus harmonik sebagai akibat pengubahan energi listrik. Arus harmonik akan mengakibatkan distorsi bentuk gelombang tegangan sehingga tidak berbentuk sinusoidal murni lagi.

Hal ini sangat mengganggu bagi peralatan listrik yang didesain beroperasi pada gelombang tegangan sinusoidal. Akibatnya banyak kerugian yang akan diderita, di antaranya peralatan listrik menjadi lebih cepat panas sehingga dapat terjadi kegagalan isolasi yang berujung pada kerusakan atau makin pendek umur dari peralatan. Penelitian  bertujuan  untuk  mengetahui  watak  harmonik  serta  dapat  menganalisis  arus  dan  tegangan  harmonik, menghitung Total Harmonic Distortion (THD). Selain mengetahui watak dan menganalisis harmonik, peneliti juga dapat mendesain tapis paralel (shunt filter) untuk mengurangi Total Harmonic Distortion (THD).

Hasil penelitian didapatkan bahwa 1)Pemasangan tapis penala tunggal untuk harmonik ke-11 pada masing-masing bus dalam penelitian terbukti dapat mengurangi THD. Untuk THDv total rata-rata penurunannya 39,41% dan untuk THDi total rata-rata penurunannya  22,02 %  2) perbaikan kualitas daya  naik total rata-rata 9,77% dan 3) Perbaikan atau penaikan faktor daya beban total rata-rata 6,75%

Published
2015-10-18
How to Cite
Abidin, J. F. (2015) “ANALISIS PENGARUH HARMONIK TERHADAP NILAI FAKTOR DAYA DAN RUGI DAYA DI INSTALASI LISTRIK INDUSTRI”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/121 (Accessed: 25June2024).