ANALISIS STABILITAS LERENG TEBING SUNGAI GAJAHWONG DENGAN MEMANFAATKAN KURVA TAYLOR

  • Marwanto Marwanto

Abstract

Kejadian longsoran tebing ke bantaran sungai sangat sering terjadi terutama pada saat musim penghujan tiba. Sebagai pedoman untuk mengurangi terjadinya longsoran dan menghindari terjadinya korban akibat longsoran tanah perlu dilakukan penelitian disekitar tebing tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui kondisi fisik tanah, memberikan informasi lebih dini dan mendeteksi keamanan pemukin disekitar tebing sungai Gajahwong dimana Kampung Darakan Barat, Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede.

Alat yang digunakan antara lain berupa kamera, kompas geologi, alat tulis, mistar ukur, alat uji tekan bebas, timbangan dan alat bantu lainnya. Sampel tanah dari lokasi penelitian diambil untuk dilakukan pengujian di laboratorium mekanika tanah, selanjutnya dilakukan hitungan seperlunya untuk mendapatkan nilai parameter dasar tanah.

Analisis stabilitas lereng yang dilakukan dengan memanfaatkan kurva Taylor berdasarkan data yang diperoleh dari data lapangan dan laboratorium. Hasil analisis stabilitas lereng dengan memanfaatkan kurva Taylor diperoleh nilai faktor keamanan dari tebing lokasi penelitian sebesar 2,41 atau 2,44 pada musim penghujan dan 2,76 atau 2,60 pada musim kemarau.

Nilai ini dikategorikan cukup aman, bahkan pada kondisi yang paling rawanpun yaitu pada musim penghujan tiba, lereng masih dalam keadaan yang aman pula, dengan diketahuinya faktor keamanan ini dapat dilakukan upaya sosialisasi penanggulangan kelongsoran secara lebih efektif.

 

Published
2015-10-12
How to Cite
Marwanto, M. (2015) “ANALISIS STABILITAS LERENG TEBING SUNGAI GAJAHWONG DENGAN MEMANFAATKAN KURVA TAYLOR”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/122 (Accessed: 25June2024).