EFEKTIVITAS PENGGUNAAN THERMOSTATIC EXPANTION VALVE PADA REFRIGERASI AC SPLIT

  • Harianto Harianto
  • Eka Yawara

Abstract

Mesin refrigerasi dengan sistem refrigerasi kompresi uap merupakan salah satu alat yang dipergunakan untuk proses pendinginan untuk berbagai kebutuhan manusia. Pada mesin jenis ini terdapat suatu komponen yang dapat divariasi jenisnya yaitu katup ekspansi, diantaranya berupa pipa kapiler dan Termostatic Ekspantion Valve (TXV).
Telah dilakukan uji eksperimen  mesin refrigerasi AC Split kapasitas 1 pk yang bertujuan untuk membandingkan performa antara penggunaan pipa kapiler sebagai katup ekspansi dengan TXV Hasil eksperimen menunjukkan bahwa penggunaan pipa kapiler merespon makin besar beban makin kecil  COP , COP tertinggi dicapai pada kondisi refrigeran keluar evaporator berupa uap jenuh dengan COP = 5.3 . Sedangkan penggunaan TXV nilai COP meningkat seiring dengan  penambahan  beban. dalam pengujian ini dicapai COP tertinggi   pada COP  = 5.87.

Published
2015-10-19
How to Cite
Harianto, H. and Yawara, E. (2015) “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN THERMOSTATIC EXPANTION VALVE PADA REFRIGERASI AC SPLIT”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/125 (Accessed: 25June2024).