EVALUASI INTENSITAS KONSUMSI ENERGI LISTRIK DI KAMPUS STTNAS YOGYAKARTA

  • Iyus Rusmana

Abstract

Evaluasi Intensitas Konsumsi Energi Listrik (IKE), merupakan bagian utama di dalam melaksanakan audit energi awal, yang merupakan suatu angka indek sebagai indikator energy yang dapat memberikan indikasi tingkat efisiensi pemanfaatan energi pada suatu bangunan gedung.
Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan, menyusun dan  menganalisa  data  pemakaian  energi  listrik  dalam  tiap bulannya selama kurun waktu bulan Maret tahun 2011 sampai dengan Februari 2012, melakukan pengukuran beban puncak serta  pengamatan visual.
Dari hasil evaluasi didapat bahwa konsumsi energi kampus STTNAS masuk dalam katagori sangat efisien dengan IKE tertinggi sebesar 0,53 terjadi pada bulan nopember 2012.

Disamping itu hasil pengukuran beban puncak dicapai pada hari senin dan rabu jam 11 wib, dengan kapasitas sebesar 108.57 kVA, kurang dari 50% dari sambungan daya langganan yaitu 240 kVA. Hal ini menunjukan bahwa masih bisa dilakukan penghematan biaya beban dengan menurunkan beban langganan dari tarif tegangan menengah menjadi tarif tegangan rendah dengan menurunkan sambungan daya langganan menjadi 131Kva.

Published
2015-10-12
How to Cite
Rusmana, I. (2015) “EVALUASI INTENSITAS KONSUMSI ENERGI LISTRIK DI KAMPUS STTNAS YOGYAKARTA”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/126 (Accessed: 25June2024).