MASALAH TRANSPORTASI DENGAN FUZZY SUPPLY DAN FUZZY DEMAND

  • Ridayati Ircham

Abstract

Tulisan ini membahas tentang Masalah Pengambilan keputusan dalam menentukan jumlah barang yang diproduksi dan didistribusikan dalam suatu perusahaan. Pada beberapa keadaan, pengambil keputusan akan membuat keputusan dari suatu permasalahan yang dapat mencapai tingkat kepuasannya untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan. Masalah ini disebut masalah transportasi fuzzy. Tulisan ini bertujuan menyelesaikan masalah transportasi dengan mempertimbangkan fuzzy supply dan fuzzy demand, serta biaya angkut per unit dengan mencari kemungkinan solusi optimal yang dihubungkan dengan tingkat kepuasan yang diinginkan.

Masalah Transportasi ini diselesaikan dengan mentransformasi masalah tersebut menjadi masalah program linear deterministik berdasarkan definisi dari keputusan fuzzynya. Tingkat kepuasan maksimum dari fuzzy supply dan fuzzy demand diperoleh dengan menggunakan keputusan fuzzy maksimal. Solusi optimal diperoleh dengan mempertimbangkan fuzzy supply dan fuzzy demand dan biaya angkut per unit.

Nilai pada solusi optimal yang melanggar kondisi non negatif pada setiap iterasi, disebut breaking point , yang membentuk sub-sub inteval. Terdapat sebanyak solusi optimal yang diperoleh. Solusi
optimal pada tingkat kepuasan yang diinginkan di representasikan pada interval terkait.

Published
2015-10-12
How to Cite
Ircham, R. (2015) “MASALAH TRANSPORTASI DENGAN FUZZY SUPPLY DAN FUZZY DEMAND”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/129 (Accessed: 25June2024).