MODIFIKASI MESIN FLAME HARDENING SISTEM PENCEKAMAN BENDA KERJA SECARA VERTIKAL PADA BAJA S45C

  • Somawardi Somawardi

Abstract

Flame hardening merupakan salah satu proses pengerasan permukaan (Surface Treatment) menggunakan nyala api langsung yang dihasilkan dari gas oxy-acetylene yang dilakukan untuk memperoleh sifat tahan aus yang tinggi, kekuatan dan fatigue limit/strength yang lebih baik. Pada tahun 2012 telah dibuat sebuah alat yang digunakan untuk memanaskan benda kerja, namun masih mempunyai beberapa kekurangan yaitu proses pendinginan dilakukan dengan melepaskan benda kerja kedalam wadah dan jarak antara torch pemanas ke benda kerja tidak bisa diatur.


Mesin yang dimodifikasi ini menggunakan motor listrik untuk memutarkan roda gigi ketika dipanaskan, tombol push botton digunakan untuk menyalakan dan mematikan nyala api, pompa sebagai penyemprot media pendingin dan rpm yang dapat diatur saat proses berlangsung. Selain itu mesin ini mempunyai kemudahan dengan adanya alat untuk mengontrol suhu pemanasan sebagai pembanding tabel warna hasil pemanasan. Benda uji dipanaskan dengan 3 (tiga) variasi dari rpm dengan posisi pencekaman secara vertikal. Material yang digunakan pada penelitian ini yaitu baja karbon medium S45C yang berbentuk roda gigi.


Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai kekerasan benda kerja jika dibandingkan dengan mesin sebelumnya. Kondisi ini juga dapat diperjelas dengan tampilan struktur martensit pada pemukaan benda kerja.

Published
2015-10-22
How to Cite
Somawardi, S. (2015) “MODIFIKASI MESIN FLAME HARDENING SISTEM PENCEKAMAN BENDA KERJA SECARA VERTIKAL PADA BAJA S45C”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/131 (Accessed: 25June2024).