PEMANFAATAN LIMBAH PELEPAH KELAPA SAWIT UNTUK BAHAN DASAR PEMBUATAN PRODUK FUNGSIONAL BERGAYA ETNIK DAYAK DI KALIMANTAN TIMUR

  • Dita Andansari
  • Dwi Cahyadi
  • Hidayat A. Marlang

Abstract

Luas areal kelapa sawit  mencapai  569.178  Ha yang terdiri dari  134.311,50  Ha  di  wilayah Kalimantan Timur. Pemanfaatan akan pelepah kelapa sawit sebagai limbah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah pemanfaatan pelepah kelapa sawit menjadi raw material untuk pembuatan produk komponen interior dan mebel air yang mempunyai ciri lokal yaitu etnik Dayak.


Metode yang dilakukan adalah eksplorasi bahan pelepah kelapa sawit melalui tahapan preliminary design, design development dan final design. Target yang ingin dicapai untuk kegiatan ini adalah adanya prototipe produk komponen interior dan mebelair berbahan dasar pelepah kelapa sawit.


Hasil yang didapatkan dari eksplorasi limbah pelepah kelapa sawit adalah prototipe produk komponen interior seperti tikar, kerai, placemat, pewadahan dan produk lain sejenis. Ekplorasi limbah pelepah kelapa sawit dilakukan secara manual terutama dalam pengiratan menjadi bilah-bilah sebagai bentuk dasar bahan untuk kemudian diproses dengan cara ditenun. Karena dilakukan secara manual sangat sulit untuk mendapatkan standar dimensi baik ketebalan maupun lebar bilah yang dibuat, sehingga diperlukan sebuah mesin pengirat pelepah kelapa sawit untuk membantu standarisasi. Pemanfaatan limbah pelepah kelapa sawit menjadi produk komponen interior di Kalimantan Timur dapat meningkatkan nilai ekonomis limbah yang sebelumnya sebagian besar hanya dibiarkan begitu  saja menjadi salah satu peluang usaha jenis baru bagi UKM khususnya di Kalimantan Timur.

Published
2015-10-22
How to Cite
Andansari, D., Cahyadi, D. and Marlang, H. A. (2015) “PEMANFAATAN LIMBAH PELEPAH KELAPA SAWIT UNTUK BAHAN DASAR PEMBUATAN PRODUK FUNGSIONAL BERGAYA ETNIK DAYAK DI KALIMANTAN TIMUR”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/133 (Accessed: 25June2024).