PEMBERIAN PAKAN IKAN OTOMATIS DENGAN TENAGA MATAHARI

  • Tugino Sulaiman

Abstract

Terdapat permasalahan yang dihadapi kelompok pembibitan/pembesaran ikan nila yaitu bagaimana cara untuk meningkatkan hasil panen ikan sehingga akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan anggota kelompok petani ikan. Salah satunya adalah bagaimana pemberian pakan ikan dapat dilakukan secara rutin dan terjadwal.

Saat ini cara yang dilakukan untuk pemberian pakan ikan adalah dengan cara manual yaitu menaburkan pakan ikan/pelet secara rutin baik pagi maupun malam, sehingga mempunyai kendala yaitu terkadang petani ikan kelupaan atau terlambat dalam pemberian ikan sehingga akan berpengaruh pada pertumbuhan ikan tersebut. Hal tersebut dapat berakibat pada terlambatnya hari panen dan hasil panen tidak maksimal karena berat ikan tidak maksimal.


Maksud  dan  tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  mendapatkan  desain  teknologi  tepat  guna  untuk  pembuatan  alat
pemberian pakan ikan secara otomatis dan dapat diprogram baik jadwal waktu bukaan dan jumlah pakan  yang keluar sehingga pakan ikan dapat dilaksanakan secara rutin dan terjadwal. Oleh karena lokasi kolam yang jauh dari sumber listrik maka peralatan pakan ikan otomatis tersebut menggunakan energi matahari dengan memanfaatkan solar panel untuk sumber energi listriknya. Hasil dari penelitian ini adalah telah didapatkan desain alat pemberian pakan ikan otomatis dengan tenaga matahari
untuk membantu mengatasi permasalahan petani ikan dalam peningkatan hasil panen ikan.

Setelah dilaksanakan program ini, pakan ikan dapat diberikan secara rutin dan terjadwal sesuai kebutuhan pakan bagi masing-masing jenis ikan dan diharapkan hasil panen ikan dapat meningkat dari pada saat pemberian pakan ikan dilakukan secara manual

Published
2015-10-12
How to Cite
Sulaiman, T. (2015) “PEMBERIAN PAKAN IKAN OTOMATIS DENGAN TENAGA MATAHARI”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/134 (Accessed: 19April2024).