PEMODELAN PARAMETER GEOTEKNIK DALAM MERESPON PERUBAHAN DESAIN TAMBANG BATUBARA DENGAN SISTEM TAMBANG TERBUKA

  • Supandi Supandi

Abstract

Dalam perencanaan tambang terbuka, disamping faktor cadangan, teknis penambangan, ekonomi dan lingkungan, faktor kestabilan lereng menjadi faktor penting yang harus diperhitungkan dengan seksama. Perubahan harga komoditas tambang yang terjadi dua tahun terakhir ini, mendorong dilakukan effisiensi dalam operasi penambangan dimana biaya tertinggi pada pemindahan tanah penutup sehingga harus dilakukan effiensi. Effiensi banyak dilakukan dengan menurunkan “Stripping Ratio” sehingga jumlah batuan akan lebih kecil dimana untuk hal ini dapat dilakukan mengurangi kedalaman pit. Perubahan kedalaman pit akan berdampak pada perubahan geometri lereng dimana ujungnya akan berdampak pada nilai lereng keseluruhan.

Dengan  dasar  tersebut  maka  perlu  dilakukan  sebuah  parameter geoteknik  yang  mampu  merespon  perubahan perencanaan tambang sehingga setiap perencanaan tambang yang dibuat sudah mempertimbangkan faktor geoteknik. Analisa dilakukan dengan memperhatikan kondisi geologi material penyusun lereng dan faktor stabilitas lereng sehingga dengan memperlakukan suatu kondisi geologi yang sama. Proses awal pemodelan diawali dengan melakukan analisa ketinggian tertentu pada beberapa nilai lereng keseluruhan yang berbeda-beda sehingga dapat diperoleh nilai ketinggian lereng dan nilai lereng  keseluruhan  optimum.  Untuk  membangun  model  parameter dilakukan  dengan  melakukan  hal  yang  sama  pada ketinggian yang berbeda. Parameter geoteknik optimum ini diperoleh dari penurunan analisa berdasarkan stabilitas optimum pada sebuah nilai faktor keamanan.

Dengan parameter geoteknik optimum tersebut maka dapat dipergunakan sebagai pedoman saat perencanaan tambang sehingga ketika  parameter  geoteknik  dilakukan  dengan  sebuah  model  maka akan sangat  membantu  dalam merespon perubahan perencanaan tambang. Hasil akhir yang diharapkan adalah kegiatan penambangan dapat memaksimalkan sumberdaya dengan memperhatikan semua aspek.

 

Published
2015-10-12
How to Cite
Supandi, S. (2015) “PEMODELAN PARAMETER GEOTEKNIK DALAM MERESPON PERUBAHAN DESAIN TAMBANG BATUBARA DENGAN SISTEM TAMBANG TERBUKA”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/135 (Accessed: 25June2024).