PENGARUH INJEKSI UAP AIR TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR

  • Sukartono G.
  • Harjono Harjono

Abstract

Sepeda motor adalah alat transportasi yang  banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari dengan mobilitas yang tinggi, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pemakai baik tenaga dan konsumsi bahan bakarnya. Berbagai upaya telah dilakukan oleh berbagai pihak untuk menghasilkan tenaga yang besar dan konsumsi bahan bakar yang hemat. Upaya yang telah dilakukan dengan memodifikasi sistem bahan bakar, sistem pengapian, bahan bakar yang digunakan serta modifikasi komponen mesin.


Pada penelitian ini uap air diinjeksikan ke dalam sistem bahan bakar melalui intake manifold. Air diubah menjadi uap air dengan memanaskan air pada saluran pembuangan (knalpot) sepeda motor. Uap air diinjeksikan pada saluran  intake manifold, dengan menggunakan jarum dengan diameter dalam  0,2 mm. Sepeda motor yang digunakan tipe empat langkah ,150 cc dengan bahan bakar premium. Sepeda motor yang diuji adalah sepeda motor dengan sistem bahan bakar standart dan yang telah dimodifikasi sistem bahan bakarnya diuji daya dan torsi mesinnya dengan menggunakan  dynotester. Pengujian daya dan torsi mesin pada putaran mesin 6000 sampai 10000 rpm.


Penginjeksian  uap  air  ke  dalam  sistem  bahan  bakar  dapat  memperbaiki  proses  pembakaran  sehingga  dapat meningkatkan daya sebesar 15% dan torsi mesin sebedar 4,66%.

Published
2015-10-22
How to Cite
G., S. and Harjono, H. (2015) “PENGARUH INJEKSI UAP AIR TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/137 (Accessed: 25June2024).