MANKON ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN KONSTRUKSI TERHADAP KESUKSESAN OPERASIONAL PROYEK DIKABUPATEN SLEMAN DAN KOTA MADYA YOGAYAKARTA

MANAJEMEN KONSTRUKSI

  • ratih dwi indrajad ratih Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Triwuryanto Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Sely Novita Sari Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

Manajemen konstruksi menjadi salah satu penggerak untuk membantu proses pembangunan proyek konstruksi dengan memperhatikan pengendalian manajemen itu sendiri guna menentukan standar yang sesuai dengan perencanaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan operasional proyek konstruksi antara lain adalah faktor pengendalian mutu, faktor pengendalian biaya, faktor pengendalian waktu, dan faktor pengendalian K3 (kesehatan dan keselamatan kerja). Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari keempat faktor pengendalian tersebut terhadap kesuksesan operasional proyek konstruksi.

Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisoner tentang pengendalian manajemen konstrusi kepada site manager atau staff lapangan yang sedang mengerjakan proyek  di Kabupaten Sleman dan Kota Madya Yogyakarta. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode mean, standar deviasi dan uji regresi linier dengan bantuan program SPSS 22.0.

 Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengaruh faktor pengendalian mutu, faktor pengendalian biaya, faktor pengendalian waktu, faktor pengendalian kesehatan dan keselamatan kerja berpengaruh sebesar 67,3% terhadap kesuksesan operasional proyek. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa faktor pengendalian waktu dan faktor pengendalian kesehatan dan keselamatan kerja berpengaruh negatif terhadap kesuksesan operasional proyek yang dapat disimpulkan bahwa apabila faktor pengendalian waktu dan faktor pengendalian kesehatan dan keselamatan kerja tidak terpenuhi dengan baik kesuksesan operasional proyek konstruksi akan menurun.

Kata kunci: Manajemen, Pengendalian, Kesuksesan.

Published
2019-11-04
How to Cite
ratih, ratih dwi indrajad, Triwuryanto and Sely Novita Sari (2019) “MANKON ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN KONSTRUKSI TERHADAP KESUKSESAN OPERASIONAL PROYEK DIKABUPATEN SLEMAN DAN KOTA MADYA YOGAYAKARTA”, ReTII, p. 457~464. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/1398 (Accessed: 28September2020).