PENGARUH PEMASANGAN ALAT PENGHEMAT BAHAN BAKAR MAGNETIS TERHADAP EFISIENSI DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK MOTOR BENSIN

  • Muhammad Abdulkadir Harianto

Abstract

Minyak bumi merupakan bahan bakar tidak dapat diperbaharui, karena itu, penghematan dan peningkatan kualitas bahan  bakar  minyak menjadi  sesuatu  yang  sangat  penting.  Salah  satu  cara  penghematan bahan  bakar  adalah  dengan menggunakan penghemat bahan bakar secara magnetis.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemakaian penghemat bahan bakar magnetis terhadap efisiensi dan dan konsumsi bahan bakar spesifik motor bensin. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan efisiensi dan pemakaian bahan bakar spesifik generator set merk General tipe  “ET 2500 L” yang dipasang dengan alat penghemat bahan bakar magnetis dan  tanpa alat  penghemat bahan bakar maknetis. Pengujian dilakukan pada putaran 1.652 rpm,2.010 rpm, 2.513 rpm, dan 3.013 rpm, dengan  masing-masing putaran pada beban 600 W, 1.200 W, dan 2.000 W.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi mengalami kenaikan, dan konskuensinya, pemakaian bahan bakar spesifik mengalami penurunan  dibandingkan dengan pengujian tanpa menggunakan penghemat bahan bakar magetis pada putaran dan daya yang rendah, sedangkan pada putaran tinggi dan beban   penuh tidak terjadi perubahan efisiensi yang siknifikan.

Published
2015-10-12
How to Cite
Harianto, M. A. (2015) “PENGARUH PEMASANGAN ALAT PENGHEMAT BAHAN BAKAR MAGNETIS TERHADAP EFISIENSI DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK MOTOR BENSIN”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/141 (Accessed: 25June2024).