RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM PENGEMASAN BERBASIS PENGENDALI LOGIKA TERPROGRAM

  • Asniar Aliyu
  • Arif Basuki
  • Yanto Yanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun prototipe sistem pengemasan seperti dalam industri

pengemasan modern. Sistem ini dibatasi hanya rancang bangun bagian pengisian dan penutupan kemasan yang bekerja berdasarkan perintah kendali yang diberikan melalui PLC OMRON CP1E-E40DR-A.

Penelitian dimulai dari pengumpulan bahan, perancangan sistem mekanik dan elektrik serta perancangan perangkat-lunak yaitu  perancangan diagram tangga    untuk  mengontrol proses,  merealisasikan sistem,  dan pengujian sistem baik per bagian ataupun keseluruhan sistem.

Hasil pengujian catu daya menunjukkan hasil  sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan yaitu sebesar 12

V, 18V, dan 24 V. Catu ini digunakan untuk buka tutup silo, menggerakkan lengan pengambil tutup kemasan, membuka tutup capit, menaikkan dan menurunkan mekanik capit, dan juga memutar tiang palletizing. Hasil pengujian sensor juga menunjukkan kinerja yang baik, di mana sensor dapat mendeteksi kemasan ketika berada dalam jarak kurang atau sama dengan 2 mm. Hasil pengujian kuat medan magnet kumparan adalah dengan mendekatkan tutup kemasan pada kumparan yang telah dialiri arus listrik terukur sebesar 5,48 A. Adapun besar medan magnet yang dihasilkan adalah sebesar 43.018 Tesla yang terbukti mampu menarik dan membawa tutup kemasan. Hasil pengujian keseluruhan menunjukkan bahwa ketika tombol ON ditekan, maka proses pengemasan bekerja sesuai dengan instruksi kendali yang diberikan melalui PLC.

Published
2015-10-14
How to Cite
Aliyu, A., Basuki, A. and Yanto, Y. (2015) “RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM PENGEMASAN BERBASIS PENGENDALI LOGIKA TERPROGRAM”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/149 (Accessed: 25June2024).