RENCANA REKLAMASI RAWA KUMBUNG KECAMATAN LUNANG SILAUT KABUPATEN PESISIR SELATAN, SUMATRA BARAT

  • Sujendro Sujendro

Abstract

Rawa Kumbung ini merupakan lahan rawa lebak dengan luas 742 ha di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sum-Bar.
Rawa ini merupakan lahan tidur karena hampir keseluruhan ditumbuhi tanaman rumput & perdu rawa. Pada sebagian kecil lahan telah dibudidaya oleh masyarakat dengan penanaman padi & hasilnya menurut  informasi wali nagari mencapai 5 – 7
ton gabah kering tiap hektarnya. Penelitian ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam rangka   meningkatkan produksi pangan (beras), perlu dilakukan reklamasi lahan sehingga lahan  dapat ditanami padi dan palawija dengan baik.
Perencanaan Reklamasi lahan rawa ini dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : pengumpulan data, analisis dan pembahasan , kesimpulan dan saran. Pengumpulan data terdiri dari data hidrologi (hujan dan meteorology) dan data peta.
Data hujan dianalisis untuk mendapatkan hujan rancangan dan hujan rancangan ini akan digunakan untuk mencari debit banjir rancangan. Banjir rancangan dengan kala ulang tertentu ini akan digunakan untuk merancang bangunan saluran drainasi, sehubungan dengan kemiringan lahan cukup besar (kemiringan rerata = 10,32 %) diperlukan bangunan-bangunan pemecah energie. Perencanaan memanjang saluran dengan bangunan energie  harus dirancang dengan teliti untuk menjamin
aliran saluran selalu sub kritik. Simulasi aliran dilakukan dengan software HEC-RAS  dengan data tampang memnjang dan melintang, debit inflow, kondisi batas hulu dan batas hilir.
Hasil running simulasi model akan dilihat sebagai tabel river sta, debit, min elv saluran, elev muaka air, elev. Garis energy, Froude number dan lain sebagainya, sehingga dapat diperiksa aliran saluran sub kritik (Fr = 0,50 – 0,60 < 1,00) &
aliran  kritk (Fr = 1,00) khusus di bangunan   terjunan.    Hasil dapat dtampilkan  berupa grafik profile aliran  (tampang memanjang) dan juga dapat berupa tampang melintang, sehingga akan kelihatan saluran meluap karena saluran kurang lebar atau sebaliknya. Simulasi aliran dengan HEC-RAS sangat menghemat waktu, namum dibutuhkan kecermatan dalam pemahaman  hidrolikanya.

Published
2015-10-12
How to Cite
Sujendro, S. (2015) “RENCANA REKLAMASI RAWA KUMBUNG KECAMATAN LUNANG SILAUT KABUPATEN PESISIR SELATAN, SUMATRA BARAT”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/150 (Accessed: 25June2024).