SISTEM TELEMETRI MELALUI JARINGAN KOMPUTER BERBASIS INTERNET PROTOCOL

  • Arif Basuki
  • Mytha Arena
  • Muhamad Kinong

Abstract

Sistem telemetri melalui jaringan komputer berbasis internet protocol (IP) merupakan aplikasi pengukuran suhu yang menggunakan jaringan komputer berbasis IP untuk pengiriman data hasil pengukuran. Data suhu yang dihasilkan diperoleh dengan menggunakan sensor IC LM35DZ untuk dikonversi dari tegangan menjadi frekuensi menggunakan IC LM311.
Jaringan komputer dalam penelitian ini menggunakan satu server dan dua client yang dihubungkan dengan topologi star. Untuk mengatur proses pengiriman data antara server dan client serta analisis data pada server digunakan software matlab. Selain  pengujian  pengukuran  suhu  dilakukan  dengan  membandingkan hasil pembacaan antara termometer  dan rangkaian sensor dan pengkondisi sinyal, juga dilakukan pengujian pengiriman data suhu. Hasil penelitian dari proses pengujian menunjukkan bahwa hasil pengukuran mempunyai akurasi yang baik dengan tingkat kesalahan 0 sampai 3%. Komunikasi data pada jaringan komputer juga berjalan dengan baik yaitu server berhasil mengirimkan data suhu kepada dua client  secara periodik dengan periode tertentu yang dapat diatur oleh client.

Published
2015-10-16
How to Cite
Basuki, A., Arena, M. and Kinong, M. (2015) “SISTEM TELEMETRI MELALUI JARINGAN KOMPUTER BERBASIS INTERNET PROTOCOL”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/151 (Accessed: 25June2024).