STUDI EKSPERIMEN HUBUNGAN MOTIVE FLOW TERHADAP PROFIL TEKANAN PADA LIQUID-GAS EJECTOR

  • Daru Sugati
  • Indarto Indarto
  • Purnomo Purnomo
  • Sutrisno Sutrisno

Abstract

Liquid gas ejector adalah sebuah ejector yang menggunakan cairan sebagai motive fluid dan gas sebagai entrained fluid. Sistem ini bekerja  berdasarkan transfer momentum antara motive flow dengan entrained  flow. Proses transfer momentum terjadi pada daerah mixing section. Interaksi pada daerah mixing section mengakibatkan terjadinya fenomena transfer momentum pada ruang terbatas. Fenomena dapat diamati dengan melakukan pengukuran tekanan pada daerah
tersebut. Data tekanan pada daerah tesebut disusun dalam bentuk profil tekanan yang menggambarkan distribusi tekanan. Penelitian ini bertujuan menemukan korelasi antara energi pembangkit yaitu motive flow terhadap bentuk profil tekanan yang dihasilkan dengan beberapa variasi entrained flow.


Eksperimen dilakukan  dengan melakukan variasi debit motive flow 24 GPM, 32 GPM ,30 GPM dan 32 GPM untuk variasi debit entrained flow 20 scfh, 30 scfh ,40 scfh ,80 scfh. Pengukuran dilakukan sepanjang daerah dimana motive flow dan entrained flow berinteraksi, yaitu sepanjang throat dan diffuser. Data tekanan statis yang diperoleh dari pembacaan
disusu dalam bentuk profil tekanan untuk masing-masing debit entrained flow dengan variasi debit motive flow.
Hasil pengujian menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara debit motive flow terhadap bentuk profil tekanan. Informasi yang diperoleh dari pofil tekanan antara lain tekanan minimum, posisi awal pressure jump, gradien tekanan. Kenaikan  debit  motive  flow  memperlihatkan  pengarunhnya  terhadap  penurunan  tekanan,  peningkatan  gradien  tekanan, sedangkan untuk perubahan posisi awal pressure jump tidak signifikan dibandingkan dengan perubahan debit entrained flow.

Published
2015-10-19
How to Cite
Sugati, D., Indarto, I., Purnomo, P. and Sutrisno, S. (2015) “STUDI EKSPERIMEN HUBUNGAN MOTIVE FLOW TERHADAP PROFIL TEKANAN PADA LIQUID-GAS EJECTOR”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/153 (Accessed: 19June2024).