STUDI PENCEMARAN AIR DI SUB DAERAH ALIRAN SUNGAI CODE, YOGYAKARTA GUNA MENDUKUNG UPAYA KONSERVASI AIRTANAH PASCA ERUPSI MERAPI 2010

  • T. Listyani R.A
  • A. Isjudarto

Abstract

Karakteristik hidrologi di Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Code, Yogyakarta perlu diketahui dalam hal kuantitas maupun kualitasnya, guna mendukung upaya konservasi airtanah di wilayah ini. Pendekatan hidrologi didukung dengan uji kualitas air di DAS Code, meliputi kualitas air yang diwakili oleh air sungai sebagai air permukaan, serta airtanah yang diambil dari mataair dan air sumur dangkal.

Hasil analisis kualitas air menunjukkan bahwa erupsi G. Merapi 2010 terutama berpengaruh terhadap kadar residu tersuspensi dan kekeruhan pada air sungai, namun tidak banyak berpengaruh pada parameter lain seperti  pH, DHL maupun oksigen terlarutnya. Kondisi airtanah yang terwakili air sumur dan mataair pun tidak mengalami pencemaran akibat erupsi G. Merapi ini. Indikasi terjadinya pencemaran pada airtanah maupun air sungai di daerah penelitian terlihat dari beberapa kadar kandungan kimia yang menunjukkan  pencemaran ringan sampai sedang dalam kadar BOD, COD dan fosfat.

Published
2015-10-12
How to Cite
R.A, T. L. and Isjudarto, A. (2015) “STUDI PENCEMARAN AIR DI SUB DAERAH ALIRAN SUNGAI CODE, YOGYAKARTA GUNA MENDUKUNG UPAYA KONSERVASI AIRTANAH PASCA ERUPSI MERAPI 2010”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/154 (Accessed: 25June2024).