Metode User Centered Design (UCD) Dalam Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tindak Kriminalitas (Studi Kasus : Kota Manado)

  • Yuri Vanli Akay Universitas Atmajaya, Manado
  • Alb. Joko Santoso Universitas Atmajaya, Manado
  • F. L. Sapty Rahayu Universitas Atmajaya, Manado

Abstract

Kriminalitas atau kejahatan konvensional merupakan salah satu persoalan penting dalam kehidupan masyarakat yang menyangkut masalah keamanan dan ketentraman serta mempengaruhi jalannya aktivitas sosial, ekonomi dan politik. Sistem informasi geografis adalah salah satu cara untuk mengurangi tindak kejahatan. Dengan pemetaan daerah kriminalitas maka akan memberikan kontribusi bagi aparat kepolisian dan masyarakat kota Manado untuk mengurangi dan pencegahan kejahatan. Namun keberhasilan penggunaan sistem informasi dilihat dari pengguna berinteraksi dengan user interface dari sistem informasi tersebut. Banyak website yang ditinggalkan penggunanya karena mengecewakan dan tidak sesuai dengan keinginan pengguna. Hal ini menjadi suatu permasalahan penting yang perlu diatasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan rancangan sistem informasi geografis pemetaan tindak kriminalitas di kota Manado dengan User Centered Design untuk menangkap kebutuhan pengguna dalam hal ini polisi dan masyarakat. Metode yang dipakai dalam perancangan adalah metode User Centered Design (UCD) dan untuk pengumpulaan data menggunakan studi literatur, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan rancangan sistem informasi geografis pemetaan tindak kriminalitas di kota Manado dengan UCD untuk menangkap kebutuhan pengguna.

References

Abras, C., Maloney-Krichmar, D. & Preece, J.,

User-centered design. Bainbridge, W. Encyclopedia of Human-Computer Interaction. Thousand Oaks: Sage Publications, 37(4), pp.445–56. Available at: http://uba-

mobile.googlecode.com/svn/trunk/resources/

Abras, Maloney-krichmar, Preece/Bainbridge, W. Encyclopedia of Human-Computer Interaction. Thousand Oaks Sage Publications - Abras, Maloney- Krichmar, Preece - 2004 - User-Centered Design.pdf.

Amborowati, A., 2012. Rancangan Sistem Pameran Online menggunakan Metode UCD ( User Centered Design ). STMIK AMIKOM.

Chen, P., Chen, T. & Yuan, H., 2010. GIS based crime risk analysis and management in cities. In 2nd International Conference on Information Science and Engineering, ICISE2010 - Proceedings. pp. 3721–3724.

Hartanto, E., 2010. Cara menentukan ukuran sampel/responden dalam penelitian kuantitatif.

Immanuel, Y., 2015. Polda Sulut Konsen Perangi Kejahatan Konvensional. beritamanado. Available at: http://beritamanado.com/polda- sulut-konsen-perangi-kejahatan- konvensional/.

L. Albani and G. Lombardi (FIMI), 2010. User

Centred Design for EASYREACH,

Manado, B.P.S., 2014. Manado Dalam Angka, Norman, D. & Draper, S.W., 1986. User Centered

System Design; New Perspectives on Human- Computer Interaction,

Subhan, 2014. 4 Kasus Pembunuhan Belum Terungkap di Tahun 2014. topiksulut. Available at: http://www.topiksulut.com/4- kasus-pembunuhan-belum-terungkap-di- tahun-2014/.

Zahara, 2013. Perancangan aplikasi E-commerce penjualan sparepart forkflit dengan metode ucd. Pelita Informatika Budi Darma, V(2), pp.2–5.

Published
2016-03-02
How to Cite
Vanli Akay, Y., Joko Santoso, A. and Sapty Rahayu, F. L. (2016) “Metode User Centered Design (UCD) Dalam Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tindak Kriminalitas (Studi Kasus : Kota Manado)”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/181 (Accessed: 29March2024).