Aplikasi Regresi Linier Untuk Menentukan Perkiraan Produksi Gas di Struktur Musi Barat Tahun 2014 Hingga 2024 PT Pertamina EP Asset 2 Field Pendopo

  • Hakim Erlangga Bernado Sakti Mahasiswa Magister Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta
  • Syaifful Amri Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta
  • Edy Nursanto Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta

Abstract

Telah banyak dikembangkan metode-metode dalam memperkirakan besar produksi gas. Namun metode-metode lain tersebut umunya relatif tidak praktis dan dalam proses seleksi data produksinya hanya menggunakan teknik perkiraan. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis jenis decline curve produksi gas pada struktur musi barat dan menganalisis perkiraan produksi gas di struktur musi barat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi arsip (data sekunder). Dimana data yang digunakan adalah rekapan produksi gas pada Struktur Musi Barat dari bulan Agustus 2006 hingga Agustus 2014 yang diperoleh dari Divisi Teknik Reservoir PT Pertamina EP Asset 2 Field Pendopo. Tahapan analisis data adalah memplotkan data log produksi terhadap waktu produksi, membuat persamaan regresi linier antara log produksi dengan waktu. Persamaan regresi linier yang dihasilkan harus memiliki nilai R2 lebih dari 0,85. Jika masih lebih kecil dari 0,85 makan dilakukan seleksi data produksi yang tidak memiliki kecendrungan penurunan secara linier hingga didapat persamaan regresi linier dengan nilai R2 lebih dari 0,85 membuat model decline curve hyperbolic, harmonic, dan exponential dari data produksi hasil seleksi menggunakan metode regresi linier. Model yang dipilih adalah model yang memiliki nilai SD yang paling kecil, menganalisis perkiraan produksi. Model decline curve produksi gas pada Struktur Musi Barat adalah model exponential. Laju produksi gas pada bulan September 2014 adalah sebesar 76,472 MMSCFD dan untuk bulan Desember 2024 adalah 13,210 MMSCFD.

References

Ahmad Tarek dan McKinney P.D. (2000). Advanced Reservoir Engineering. New York. Gulf Publishing Company.

Agus Irianto. (2004). Statistik, Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Andi Supangat. 2007. Statistika: Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta. Kencana Predana Media Group.

Dadang Rukmana, Dedy Kristanto, dan V. Dedi Cahyoko Aji. 2012. Teknik Reservoir Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. Penerbit Pohon Cahaya.

Ubaidillah Anwar Prabu. 2000. Teknik Reservoir. Palembang. Penerbit Universitas Sriwijaya

Published
2018-03-09
How to Cite
Erlangga Bernado Sakti, H., Amri, S. and Nursanto, E. (2018) “Aplikasi Regresi Linier Untuk Menentukan Perkiraan Produksi Gas di Struktur Musi Barat Tahun 2014 Hingga 2024 PT Pertamina EP Asset 2 Field Pendopo”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/195 (Accessed: 25June2024).