FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONDISI EKONOMI MASYARAKAT PEMUKIMAN KUMUH MENGGUNAKAN REGRESI BERGANDA

  • ridayati
Keywords: kondisi Ekonomi, Pemukiman Kumuh, Regresi

Abstract

Potensi sumber daya alam di kawasan pesisir yang beranekaragam menjadi daya tarik masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini membentuk pemukiman nelayan yang bervariasi sesuai dengan tingkat kehidupan masyarakatnya. Kampung wuring dan Bebeng Alok Barat adalah salah satu contoh kampung pemukiman kumuh.  Permasalahan kawasan permukiman ini memiliki tingkat pelayanan akan kebutuhan sarana dan prasarana dasar lingkungan yang sangat terbatas. Permasalahan permukiman  berawal dari pembangunan rumah yang tidak beraturan sehingga penyediaan sarana dan prasarana yang tidak terencana dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah memberikan informasi mengenai kondisi sosial ekonomi masyarakat  pemukiman kumuh.  

Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif evaluatif serta Inferensial yaitu regresi linear berganda  untuk memprediksi pengaruh kondisi social, kualitas lingkungan, pendistribusian barang terhadap kondisi social ekonomi masyarakat  pemukiman kumuh.

Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan ketiga faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap kondisi ekonomi dengan persamaan regresi  = 0,625 - 0,096  + 0,135  + 0,072 + e.

References

Astrid S. Susanto. 1983, Pengantar Sosiologidan Perubahan Sosial Budaya : Bina Cipta
Basrowi dan Siti Juariyah. 2010. Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. Vol 7 No 1 April 2010
Bintarto, R 1983, Interaksi Desa-Kota dan Permasalahannya, Ghalia Indonesia Yogyakarta
Conyers, D 1992. An Introducing to Social Planning in the Third World. New York : University of Nothingham.
Komarudin. 1997. Menelusuri Pembangunan Perumahan dan Permukiman. Penerbit Yayasan Realestat Indonesia-PT. Rakasindo, Jakarta.
Nasution. 2011. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sumardi, Mulyanto dan Dieter – Evers, HANS. 2000. Kemiskinan dan Kebutuhan pokok. Jakarta : Rajawali
Silas, Johan. 1983. Permukiman Kumuh, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Zulaela, 2008, Analisis Regresi Terapan, Laboratorium Komputasi Matematika dan Statistika FMIPA UGM, Yogyakarta
Undang-undang Republik Indonesia no. 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Permukiman
Undang-undang Republik Indonesia no. 4 tahun 1992, tentang perumahan dan permukiman
Kamus Tata Ruang Tahun 1997
Published
2020-10-27
How to Cite
ridayati (2020) “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONDISI EKONOMI MASYARAKAT PEMUKIMAN KUMUH MENGGUNAKAN REGRESI BERGANDA ”, ReTII, pp. 41-45. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/2019 (Accessed: 25October2021).