MONITORING DAYA LISTRIK LABORATORIUM INSTALASI LISTRIK INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL YOGYAKARTA (ITNY) BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

  • Diah Suwarti Widyastuti Sekolah Tinggi Teknologi Nasional

Abstract

Laboratorium Instalasi Listrik yang melayani praktikum Instalasi Listrik, praktikum perancangan instalasi Listrik  dan praktikum instalasi listrik rumah tangga dan industri. Penggunaan daya listrik yang tidak terpantau terutama saat beban puncak mengakibatkan sering terjadi penggunaan daya yang berlebihan. Karena itu, sering terjadi MCB trip pada Panel Hubung Bagi ( PHB) di ruang dengan penggunaan beban yang tinggi, sehingga diperlukan cara untuk memonitor penggunaan daya listrik pada Lab Instalasi Listrik.

Penelitian ini akan  merancang monitoring daya listrik di  Laboratorium Instalasi Listrik menggunakan konsep Internet of Thing (IOT) diharapkan dapat memberikan informasi penggunaan daya listrik secara real time pada pengguna dan dapat dipantau menggunakan telepon pintar. Energi listrik disensor oleh sensor PZEM 004t kemudian diproses oleh Node MCU ESP 8266 untuk koneksi dengan jaringan WiFi untuk melakukan pengiriman dan penerimaan data. Aplikasi Blynk pada telepon pintar diperlukan untuk dapat melihat tampilan data maupun grafik yang dihasilkan.

Error rata rata yang terjadi pada pengukuran daya antara alat ukur dengan alat monitoring adalah sebesar 2,98%, dengan kesalahan terbesar adalah 9,3 % pada saat pengukuran solder listrik. Kesalahan dapat diakibatkan karena elemen pemanas solder listrik yang belum stabil panasnya.

References

[1] Ivan Safril Hudan dkk, 2019,” Rancang bangun sistem monitoring daya listrik pada kamar kos berbasis Internet of Things (IoT), Jurnal Volume 08 Nomor 01 Tahun 2019, halaman 91 – 99
[2] Firza Istighfar dkk, 2019,” Rancang bangun alat pengendali dan monitoring konsumsi pemakaian listrik berbasis Arduino dan aplikasi Blynk”, Prociding SNPPM (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat) Volume 3.
[3] Jefri Lianda dkk, 2019, “ Sistem monitoring konsumsi daya listrik jarak jauh berbasis Internet of Things”, JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) Volume 4 Nomor 1 Juni 2019 halaman 79 – 84.
[4] I Gusti Putu Mastawan Eka Putra, 2017, “ Monitoring penggunaan daya listrik sebagai implementasi Internet of Things berbasis wireless sensor network”, Majalah Ilmiah Teknologi Elektro Volume 16 Nomor 3 September 2017.
[5] Najib Amaro, 2018, “ Rancang bangun alat monitoring biaya listrik terpakai berbasis Internet of Things (IoT), Jurnal online Mahasiswa (JOM) Volume 1 Nomor 1 2018.
Published
2020-10-27
How to Cite
Widyastuti, D. S. (2020) “MONITORING DAYA LISTRIK LABORATORIUM INSTALASI LISTRIK INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL YOGYAKARTA (ITNY) BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)”, ReTII, pp. 46-53. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/2073 (Accessed: 16April2021).