EVALUASI NILAI POWDER FACTOR UNTUK OPTIMALISASI PRODUKSI PELEDAKAN BATUGAMPING DI PT. SEMEN TONASA DESA BIRINGERE KECAMATAN BUNGORO KABUPATEN PANGKEP PROVINSI SULAWESI SELATAN

  • renaldo silamma silamma ITNY
Keywords: Peledakan, Geometri, Fragmentasi

Abstract

Keberhasilan kegiatan peledakan dapat dilihat dari fragmentasi hasil peledakannya. Fragmentasi yang baik bersifat tidak terlalu halus atau kasar (boulder), melainkan optimal sesuai alat yang beroperasi.  Masalah yang sering timbul adalah tidak diperolehnya fragmentasi batuan yang diinginkan dalam kegiatan peledakan tersebut. Hal ini menyebabkan kegiatan pengeboran dan peledakan tidak ekonomis lagi. Sehingga perlu dilakukan studi terhadap kegiatan pengeboran dan peledakan yang dilakukan serta fragmentasi batuan yang dihasilkan.

Pada kegiatan peledakan di PT Semen Tonasa, volume perolehan hasil peledakan aktual diperoleh dari pemuatan material hasil peledakan, sehingga data volume aktual yang tidak memenuhi target pada data perhitungan volume teoritis peledakan, dinyatakan sebagai boulder atau material dengan ukuran fragmentasi >60 cm, yang menyebabkan material tidak memungkinkan untuk dimuat ke alat angkut, dikarenakan Powder Factor diperusahaan kurang besar sehingga fragmentasi yang dihasilkan masih banyak boulder dan mengakibatkan berkurangnya produksi. Dalam usaha pengoptimalan produksi peledakan pada lokasi 3 (tiga), maka rancangan geometri peledakannya yaitu: burden 3,03 meter, spasi 5 meter dan penggunaan nilai powder factor 0,32kg/Bcm. Geometri usulan ini memberikan fragmentasi boulder sebesar 10,38%.        

References

. Ash, R. L,. Design of Blasting Round, Surface Mining, B.A Kennedy,Editor, Society for Mining, Metalurgy, and Exploration, Inc. 1967.

. Cunningham,. Proceedings of First International Sysmposium on Rock Fragmentation Blasting, Lulea, 439 – 454, Sweeden. 1983.

. Husrulid W. A. Blasting Principle for Open Pit Mining, A. A. Balkema, Roterdam. Netherlands. 1999.

. Koesnaryo,S. Pemboran untuk Penyediaan Lubang Ledak, Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral, UPN “Veteran” Yogyakarta. 2001.

Published
2021-11-09
How to Cite
silamma, renaldo silamma (2021) “EVALUASI NILAI POWDER FACTOR UNTUK OPTIMALISASI PRODUKSI PELEDAKAN BATUGAMPING DI PT. SEMEN TONASA DESA BIRINGERE KECAMATAN BUNGORO KABUPATEN PANGKEP PROVINSI SULAWESI SELATAN”, ReTII, pp. 264 -. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/2580 (Accessed: 10December2022).