Evaluasi Kapasitas Pompa Pada Pit 2 Bangko Barat PT. Bukit Asam (Persero) Tbk, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan

  • M. Muslih Ridho ITNY
  • A.A. Inung Arie Adnyano Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Faisol Mukarom Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Sigit Budi Hartono Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

ABSTRAK

  1. Bukit Asam (Persero) Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batubara. Lokasi pertambangan PT. Bukit Asam (Persero) Tbk terletak diwilayah Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Penambangan Batubara PT. Bukit Asam (Persero) Tbk menggunakan sistem penambangan terbuka. Metode penambangan akan menyebabkan terbentuknya cekungan yang luas sehingga sangat potensial untuk menjadi daerah tampungan air, baik air yang berasal dari air limpasan maupun air hujan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui debit total air yang masuk ke area tambang dan untuk mengetahui efisiensi dari pompa yang digunakan dan lama waktu yang dibutuhkan pompa untuk mengeluarkan air yang masuk ke tambang. perhitungan intensitas hujan digunakan metode Monohobe dan perhitungan debit limpasan menggunakan metode rasional. Berdasarkan hasil penelitian analisis data curah hujan tahun 2016 – 2020, diperoleh curah hujan rencana adalah 154,46 mm/hari, intensitas curah hujan sebesar 42,99 mm/jam dengan periode ulang hujan 5 tahun. Daerah tangkapan hujan pada lokasi penelitian seluas 105,3 Ha . Hasil penelitian diperoleh debit total air yang masuk ke tambang sebesar 11,55 m3 /detik dan digunakan pompa 1 unit yaitu pompa KSB LSA 8X6 dengan debit pompa 500 m³ /jam dan waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan air 83,19 jam.

Kata Kunci : Mine Dewatering, Pompa

References

[1] Basuki, Winarsih, I., & Adhyani, N. L. (2009). Analisis Periode Ulang Hujan Maksimum dengan Berbagai Metode. J Agromet 23 (2), 76-92
[2] Gautama, Rudi Sayoga, 1999, “Diktat Kuliah Sistem Penyaliran Tambang”, Instiut Teknologi Bandung, Bandung
[3] Putri, R., Mukiat, & Iskandar, H. (2018). Evaluasi Sistem Penirisan Tambang Di Pit 2 Blok Keluang PT Baturona Adimulya Musi Banyuasin Sumatra Selatan. Jurnal Pertambangan 2 (1), Vol. 2 No.1.
[4] Sosrodarsono, S., & Kensaku, T. (1983). Hidrologi Untuk Pengairan. Bandung.
[5] Sularso, & Tahara, h. (1991). Pompa Dan Kompresor. Jakarta.
[6] Suripin. (2004). Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Andi.
[7] Suwandi A., 2003, “Penirisan Tambang Terbuka”, Institut Teknologi Bandung, Bandung
[8] Syarifuddin, Widodo, S., & Nurwaskito, A. (2017). Kajian Sistem Penyaliran Pada Tambang Terbuka Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Geomine, Vol. 5 No. 2.
[9] Tukiman, Santoso, P., Satmoko A. (2013) Perhitungan dan Pemilihan Pompa Pada Instalasi Pengolahan Air Bebas Mineral Radiator Gamma Kapasitas 200 KCI.
Published
2021-11-09
How to Cite
M. Muslih Ridho, A.A. Inung Arie Adnyano, Faisol Mukarom and Sigit Budi Hartono (2021) “Evaluasi Kapasitas Pompa Pada Pit 2 Bangko Barat PT. Bukit Asam (Persero) Tbk, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan”, ReTII, pp. 282 -. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/2595 (Accessed: 28May2022).