ELECTRIC CAR ENGINE BRAKE ENGINEERING

  • Sulaiman Tampubolon ITNY

Abstract

ABSTRAK

Pengujian engine brake dari hasil rekayasa alternator sebagai beban eksitasi arus listrik pada mobil listrik buatan ITNY tahun 2019. Poros keluaran motor dihubungkan dengan gearbox yang mempunyai dua poros keluaran, satu poros dihubungkan dengan defferential gear yang selanjutnya memutar roda belakang, sementara yang lain dihubungkan dengan poros input generator DC Shunt. Daya motor penggerak 3 kW dan daya generator 1 kW (alternator mobil 85 Amper 12 V), Sumber tenaga mobil ini adalah baterai 60 VDC, 60 AH yang berupa susunan seri dari 5 buah baterai, masing-masing 12 VDC, 60 AH. Rangkaian uji dilengkapi dengan controller dan switching. Controller merupakan peralatan elektronik yang digunakan untuk mengatur kecepatan putar motor yang sekaligus mengatur kecepatan mobil listrik, yang pengaturannya menggunakan pedal. Switching digunakan untuk mengarahkan arus apakah masuk ke motor atau ke generator, bila pedal diinjak arus masuk ke motor, namun bila pedal dilepas arus masuk ke generator. hasil uji coba langsung dijalan raya pada tururnan curam, didapat bahwa terdapat perbedaan durasi waktu tempuh pada jarak 200 m, dengan kemiringan jalan turun rata-rata 45 derajat, antara tanpa pengereman waktu tempuh (t.nEB) = 34 detik dan dengan engine brake waktu tempuh (t.EB) 48 detik, sehingga  menghasilkan bahwa nilai efisiensi Enginge Brake ( ðž°EB )adalah  70,83 %.

Kata kunci: mobil listrik, engine brake, Alternator

References

Hardianto T, dkk., 2015, Perhitungan Energi Kinetik Pada Sistem Pengereman Regenerative Mobil Listrik, Jurnal ROTOR, Volume 8 Nomor 1, April 2015, Jurusan Teknik Elektro dan Teknik Mesin , UniversitasJember, Jl.Kalimnatan 37 Jember 68121 Indonesia.

Soeprapto, dkk., 2016, PENGEREMAN REGENERATIF MOTOR ARUS SEARAH TANPA SIKAT (BLDC) UNTUK MENGISI BATERAI PADA SEPEDA GOWES, Journal of Environmental Engineering & Sustainable Technology (JEEST), Vol. 03 No. 02, November 2016, Pages 112-120, Teknik Elektro ekonomi Universitas Brawijaya, Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka

Maulana I, dkk., 2016, RANCANG BANGUN MINI PLANT REGENERATIVE BRAKING SEBAGAI SUMBER DAYA LISTRIK, e-Proceeding of Engineering : Vol.3, No.3 December 2016 | Page 4943, Prodi S1 Teknik Fisika, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom.

Latif M, dkk., 2018, Energi Listrik dari Pengereman Regeneratif Sepeda Motor dengan Menggunakan Dinamo Sepeda, Jurnal Nasional Teknik Elektro, Vol. 7, No. 2, Juli 2018, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Andalas.

Perdana Pb., 2018, ANALISA PENGGUNAAN REGENERATIVE BRAKE PADA MOBIL MULTIGUNA PEDESAAN BERTENAGA LISTRIK, Skripsi - DEPARTEMEN TEKNIK MESIN Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Published
2021-11-09
How to Cite
Tampubolon, S. (2021) “ELECTRIC CAR ENGINE BRAKE ENGINEERING”, ReTII, pp. 45 - 50. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/2696 (Accessed: 22November2024).