UJI MULTIVARIATE ANALYSIS OF VARIANCE (MANOVA) UNTUK MENGETAHUI PENGARUH PEMEKARAN WILAYAH TERHADAP PERKEMBANGAN LUAS AREA TERBANGUN PERMUKIMAN (STUDI KASUS DI KOTA KOTAMOBAGU SULAWESI UTARA)

  • Ani Apriani Apriani Teknik Geologi STTNAS Yogyakarta

Abstract

Pemekaran wilayah tentunya mempunyai konsekuensi terhadap pertumbuhan penduduk perkotaan, serta migrasi penduduk ke pusat kota yang tentunya akan memperbesar tekanan pada pemanfaatan lahan untuk pengembangan infrastruktur dan prasarana dasar perkotaan. Konsekuesi yang nyata terlihat adalah pertambahan bangunan permukiman sebagai akibat dari migrasi ke pusat kota dan pertambahan jumlah penduduk. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemekaran wilayah terhadap perkembangan luas area terbangun permukiman. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-ekperimental dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Analisis yang digunakan adalah multivariate analysis of variance atau MANOVA. Hasil analisis pemekaran wilayah berpengaruh signifikan terhadap variabel luas tempat pelayanan ekonomi, luas tempat pelayanan keuangan, luas tempat pelayanan pendidikan, luas tempat pelayanan kesehatan dan luas tempat ibadah. Pemekaran wilayah tidak berpengaruh signifikan terhadap luas rumah dan luas kantor pemerintahan.

Kata Kunci: Uji Manova, Pemekaran Wilayah, Jumlah dan Luas Area Terbangun Permukiman

 

Author Biography

Ani Apriani Apriani, Teknik Geologi STTNAS Yogyakarta
Teknik Geologi  STTNAS Yogyakarta

References

Hatam, R. 2015. Data Sekunder Perkembangan Kota Kotamubagu Sulawesi Utara Sebelum dan Sesudah Pemekaran Wilayah. Unpublished.

Johnson, R. A and Wichern D. W., 2002. Applied Multivariate Statistical Analysis Fifth Edition, Prentice Hall Inc., New Jearsey.

Rijanta, R. 2006. Ruang dan Tempat Dalam Studi Pemekaran Wilayah: Perspektif Teori dan Pengalaman Empirik Kabupaten Kutai. Jurnal Geografi Indonesia. Fakultas Geografi UGM. Yogyakarta.

Santoso, S. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.

Yunus, Hadi Sabari. 1978. Konsep dan Pengembangan Daerah Perkotaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_________________. 2001. Perubahan Pemanfaatan Lahan di Daerah Pinggiran Kota, Kasus di Pinggiran Kota Yogyakarta. Disertasi. Fakultas Geografi UGM. Yogyakarta.

Published
2017-01-15
How to Cite
Apriani, A. A. (2017) “UJI MULTIVARIATE ANALYSIS OF VARIANCE (MANOVA) UNTUK MENGETAHUI PENGARUH PEMEKARAN WILAYAH TERHADAP PERKEMBANGAN LUAS AREA TERBANGUN PERMUKIMAN (STUDI KASUS DI KOTA KOTAMOBAGU SULAWESI UTARA)”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/270 (Accessed: 20April2024).