PEMANFAATAN GLOBAL NAVIGATION SATELLITE SYSTEM (GNSS) UNTUK PEMETAAN PENGGUNAAN LAHAN DI KECAMATAN SUKOLILO SURABAYA TIMUR

  • Jelita Citrawati Jihan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

Abstract

Pemetaan ini sebagai implementasi suatu bidang keilmuan yaitu Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan suatu sistem yang memanfaatkan teknologi komputer dan data geografis untuk mendayagunakan pengelolaan, perbaikan, analisa dan penyajian infomasi. Implementasi ini di bangun untuk mengubah system informasi yang manual menjadi terkomputerisasi dengan kelebihan memvisualisasikan informasi sehingga dapat menyerupai kondisi yang sesungguhnya. Informasi yang disajikan dalam SIG adalah keterangan yang berhubungan dengan lokasi atau letak suatu titik sebenarnya di permukaan bumi. Data diperoleh dari pengukuran ground truth (kenyataan yang ada di lapangan) dengan survei yang berbasis pada pengamatan ke satelit GNSS dilakukan dengan metode reseksi (pengikatan ke belakang) yaitu titik-titik target di permukaan bumi ditentukan dari penghitungan jarak ke beberapa satelit (GNSS) sekaligus. Metode seperti ini disebut dengan metode penentuan posisi secara absolut (absolut positioning/point positioning) yang merupakan metode penentuan posisi yang paling mendasar dari GNSS. GNSS sebagai referensi validasi berupa data tabel mengenai letak geografis lahan jika digabungkan dengan SIG akan menambahkan daya guna yang lain, ini dikarenakan informasi yang ditampilkan dilengkapi dengan visualisasinya dan memudahkan dalam pengoperasiannya. Hasil dari analisa yaitu peta dan data-data posisi, koordinat, ruang dan spasial. Dengan harapan penggunaan SIG untuk mempresentasikan dan memodelkan data-data di Kecamatan Sukolilo yakni berupa data-data administrasi, data-data jalan, sungai dan data-data landuse (penggunaan lahan).

 

Kata Kunci : Penggunaan Lahan, Kecamatan Sukolilo, SIG dan GPS.

 

Author Biography

Jelita Citrawati Jihan, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

References

Anderson, J. A. (200), “Consistency In The Analytic Hierarchy Process: A New Approach”. International Journal of Uncertainty Vol. 14, No. 4. Hal 455-459.

Danoedoro, P. (2012), Pengantar Penginderaan Jauh Digital, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Digital Globe. 2014. WorldView-2. http://worldview2.digitalglobe.com > . Dikunjungi pada tanggal 14 Februari, jam 06.55.

Nugroho, Dwi Setyo. 2011. Analisis Perubahan Penggunaan Lahan Kota Semarang Dengan Menggunakan Teknologi Pengindraan Jauh (Studi : Kecamatan Semarang Tengah Dan Kecamatan Semarang Utara). Semarang : Universitas Diponogoro.

Prahasta, Eddy. (2011), ArcGIS Desktop untuk Bidang Geodesi dan Geomatika, Penerbit Informatika, Bandung.

Prahasta, E. (2005), Sistem Informasi Geografis, Cetakan ke-dua, Penerbit Informatika, Bandung.

Purwadhi, S.H. (2001). Interpretasi Citra Digital. Jakarta: Grasindo.

Sadyohutomo, M. (2012), Tata Guna dan Pengembangan Lahan. Universitas PGRI Adi Buana. Surabaya.

Sukojo, B. M. ( 2012). Penginderaan Jauh (Dasar Teori dan Terapan). Surabaya: Teknik Geomatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Published
2017-01-15
How to Cite
Jihan, J. C. (2017) “PEMANFAATAN GLOBAL NAVIGATION SATELLITE SYSTEM (GNSS) UNTUK PEMETAAN PENGGUNAAN LAHAN DI KECAMATAN SUKOLILO SURABAYA TIMUR”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/272 (Accessed: 20April2024).